<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n "^^ . " Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan meng- \r\nidentifikasi masalah oleh siswa pada pembelajaran IPA yang menerapkan pen- \r\ndekatan inkuiri terbimbing dan pendekatan PBL dan mengetahui besarnya \r\nkontribusi tiap indikator terhadap kemampuan mengidentifikasi masalah. \r\n Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain \r\npenelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam \r\npenelitian yaitu kelas VIII di SMP N 2 Salam. Teknik pengambilan sampel yang \r\ndigunakan yaitu teknik purposive random sampling didapatkan kelas VIIID \r\n(dengan pendekatan inkuiri terbimbing) dan kelas VIIIF (dengan pendekatan \r\nPBL). Penentuan jumlah sampel dilakukan melalui matching nilai pretest kedua \r\nkelas dan diperoleh 27 siswa dari masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data \r\ndilakukan dengan memberikan pretest, posttest dan melakukan observasi selama \r\nproses pembelajaran. Teknik analisis data terdiri dari teknik deskriftif statistik, \r\npengujian prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas), pengujian \r\nhipotesis (uji two way ANOVA) dan perhitungan besarnya kontribusi tiap \r\nindikator (uji regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan meng \r\nidentifikasi masalah oleh siswa pada pembelajaran IPA yang menerapkan pen- \r\ndekatan inkuiri terbimbing dan PBL. Besarnya kotribusi tiap indikator terhadap \r\nkemampuan mengidentifikasi masalah pada kelas inkuiri dan kelas PBL secara \r\nberurutan yaitu:kemampuan mengambil point-point, isu-isu penting yang \r\nberhubungan dengan pokok masalah sebesar 58% dan 64%; menyebutkan \r\npermasalahan yang muncul sebesar 25% dan 70%;menemukan perbedaan dari \r\nfenomena yang disajikan sebesar 36% dan 66%;mengaitkan perbedaan yang \r\nditemukan dengan pokok permasalahan sebesar 37% dan 68%; menentukan fakta \r\npokok permasalahan sebesar 79% dan 62%;menemukan konsep materi yang \r\ntersirat dari fenomena sebesar 53% dan 48%; merumuskan permasalahan disertai \r\npemikiran ilmiah sebesar 56% dan 47% serta memformulasikan permasalahan ke \r\ndalam bahasa yang tepat sebesar 44% dan 49%. \r\n \r\nKata kunci: Kemampuan Mengidentifikasi masalah, Pendekatan Inkuiri \r\nTerbimbing, Pendekatan PBL, Kontribusi tiap indikator. \r\n "^^ . "2012-07" . . . . . . . "UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . " A’IZAH"^^ . "SITI MAFTUCHATUL "^^ . " A’IZAH SITI MAFTUCHATUL "^^ . . "Slamet MT, M.Pd."^^ . . . "Kuncoro Asih Nugroho, M.Sc."^^ . . . "Yulianti, M.Kes."^^ . . . "Budi Purwanto, M.Si "^^ . . . . . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Text)"^^ . . . "cover - 07312244086.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Text)"^^ . . . "bab 1 - 07312244086.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Text)"^^ . . . "bab 2 - 07312244086.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Text)"^^ . . . "bab 5 - 07312244086.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Text)"^^ . . . "lampiran - 07312244086.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \r\nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDENGAN PENDEKATAN PBL \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9478 \n\nPERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA \nKELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN \nPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING \nDENGAN PENDEKATAN PBL \n \n\n" . "text/html" . . . "Biologi"@en . . . "Fisika"@en . . . "Kimia"@en . . . "Perpustakaan" . .