%0 Thesis %9 S1 %A SITI MAFTUCHATUL , A’IZAH %A Slamet MT, M.Pd., %A Kuncoro Asih Nugroho, M.Sc., %A Yulianti, M.Kes., %A Budi Purwanto, M.Si , %B FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %D 2012 %F UNY:9478 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Kemampuan Mengidentifikasi masalah, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Pendekatan PBL, Kontribusi tiap indikator. %T PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MASALAH SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENERAPKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN PBL %U http://eprints.uny.ac.id/9478/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan meng- identifikasi masalah oleh siswa pada pembelajaran IPA yang menerapkan pen- dekatan inkuiri terbimbing dan pendekatan PBL dan mengetahui besarnya kontribusi tiap indikator terhadap kemampuan mengidentifikasi masalah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian yaitu kelas VIII di SMP N 2 Salam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive random sampling didapatkan kelas VIIID (dengan pendekatan inkuiri terbimbing) dan kelas VIIIF (dengan pendekatan PBL). Penentuan jumlah sampel dilakukan melalui matching nilai pretest kedua kelas dan diperoleh 27 siswa dari masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest, posttest dan melakukan observasi selama proses pembelajaran. Teknik analisis data terdiri dari teknik deskriftif statistik, pengujian prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas), pengujian hipotesis (uji two way ANOVA) dan perhitungan besarnya kontribusi tiap indikator (uji regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan meng identifikasi masalah oleh siswa pada pembelajaran IPA yang menerapkan pen- dekatan inkuiri terbimbing dan PBL. Besarnya kotribusi tiap indikator terhadap kemampuan mengidentifikasi masalah pada kelas inkuiri dan kelas PBL secara berurutan yaitu:kemampuan mengambil point-point, isu-isu penting yang berhubungan dengan pokok masalah sebesar 58% dan 64%; menyebutkan permasalahan yang muncul sebesar 25% dan 70%;menemukan perbedaan dari fenomena yang disajikan sebesar 36% dan 66%;mengaitkan perbedaan yang ditemukan dengan pokok permasalahan sebesar 37% dan 68%; menentukan fakta pokok permasalahan sebesar 79% dan 62%;menemukan konsep materi yang tersirat dari fenomena sebesar 53% dan 48%; merumuskan permasalahan disertai pemikiran ilmiah sebesar 56% dan 47% serta memformulasikan permasalahan ke dalam bahasa yang tepat sebesar 44% dan 49%. Kata kunci: Kemampuan Mengidentifikasi masalah, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Pendekatan PBL, Kontribusi tiap indikator.