%L UNY9462 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %A Hayutami Rizky %X Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan jenisdan wujud campur kode pada siswa Tk RA Kartini Temanggung. (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode pada siswa TK RA Kartini Temanggung. Penelitianinidifokuskanpadajeniscampurkode, wujudcampurkode, dan faktor yang mempengaruhi campur kode pada siswa TK RA Kartini Temanggung. Peneleitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah kartu data dan panduan pemancingan data. Subjek penelitian ini adalah siswa TK RA Kartini Temanggung dengan jumlah 20 siswa. Objekpenelitian adalah bahasa yang digunakan oleh siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik catat, pancing, dan rekam. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan penggunaan jenis, bentuk, dan wujud campur kode serta faktor penyebab terjadinya campur kode pada siswa TK RA Kartini Temanggung. Keabsahan data diperoleh melaui expert judgment yaitu mengkonsultasikan kepada ahli yaitu dosen pembimbing dan untuk reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian ini berupa campur kode ke dalam dan campur kode ke luar. Jenis campur kode ke dalam bersumber dari bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Campur kode ke luar yang bersumber dari bahasa Inggris. Bentuk campur kode pada penelitian ini berupa kata dasar, kata jadian, kata ulang, baster, frasa dan klausa. Wujud dari campur kode berupa bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Inggris. Faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode adalah pembicara dan pribadi pembicara, mitra bicara, tempat pembicaraan dan waktu berlangsungnya pembicaraan, modus pembicaraan, topik pembicaraan, fungsi dan tujuan, serta ragam dan ringkat tutur bahasa. %D 2012 %T CAMPUR KODE PADA SISWA TK RA KARTINI TEMANGGUNG