<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n "^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas RPP dan LKPD IPA \r\nterpadu dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) berdasarkan \r\npenilaian dosen ahli dan guru IPA; (2) penguasaan kemampuan pemecahan \r\nmasalah peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan RPP \r\ndan LKPD yang dikembangkan. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D \r\nyaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan \r\ndisseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, \r\nlembar observasi kemampuan pemecahan masalah, dan angket respon peserta \r\ndidik terhadap pembelajaran dan LKPD yang dikembangkan. Data evaluasi \r\nproduk dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan \r\nkualitas RPP dan LKPD IPA terpadu. Data kemampuan pemecahan masalah \r\ndianalisis untuk mengetahui selisih dari kegiatan I ke kegiatan II. \r\nHasil penelitian ini diperoleh: (1) Berdasarkan penilaian dari dosen ahli dan \r\nguru IPA, RPP IPA terpadu dengan pendekatan keterampilan proses (PKP) hasil \r\npengembangan memiliki kualitas “Baik” dan LKPD IPA terpadu dengan \r\npendekatan keterampilan proses (PKP) hasil pengembangan memiliki kualitas \r\n“Sangat Baik”, sehingga RPP dan LKPD layak untuk digunakan. Disamping itu, \r\ndari hasil penilaian respon peserta didik terhadap pembelajaran dan LKPD \r\nmenunjukkan kriteria “Sangat Baik”; (2) Kemampuan pemecahan masalah peserta \r\ndidik selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan RPP dan LKPD yang \r\ndikembangkan mengalami peningkatan dari kegiatan I ke kegiatan II sebesar 5%. \r\nAdapun persentase tingkat penguasaan kemampuan pemecahan masalah pada \r\nkegiatan I sebesar 83% dan pada kegiatan II sebesar 88%. \r\n \r\n \r\n \r\nKata kunci: RPP, LKPD, IPA Terpadu, PKP, Kemampuan Pemecahan Masalah \r\n \r\n "^^ . "2012-07-19" . . . . . . . "UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "KUSUMAWATI "^^ . "RETNO "^^ . "KUSUMAWATI RETNO "^^ . . "Dr. Yosaphat Sumardi"^^ . . . "Suyoso, M.Si."^^ . . . "Dr. Insih Wilujeng"^^ . . . "Asri Widowati, M.Pd."^^ . . . . . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Text)"^^ . . . "COVER - 08312244042.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Text)"^^ . . . "BAB 1 - 08312244042.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Text)"^^ . . . "BAB 2 - 08312244042.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Text)"^^ . . . "BAB 5 - 08312244042.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Text)"^^ . . . "LAMPIRAN - 08312244042.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \r\n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \r\nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9393 \n\nPENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA \n“KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN \nPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK \nMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH \n \n\n" . "text/html" . . . "Biologi"@en . . . "Fisika"@en . . . "Kimia"@en . . . "Perpustakaan" . .