%0 Thesis %9 S1 %A RETNO , KUSUMAWATI %A Dr. Yosaphat Sumardi, %A Suyoso, M.Si., %A Dr. Insih Wilujeng, %A Asri Widowati, M.Pd., %B FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %D 2012 %F UNY:9393 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K RPP, LKPD, IPA Terpadu, PKP, Kemampuan Pemecahan Masalah %T PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD IPA TERPADU PADA TEMA “KARENAMU AKU BISA MELIHAT” DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH %U http://eprints.uny.ac.id/9393/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas RPP dan LKPD IPA terpadu dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA; (2) penguasaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan RPP dan LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar observasi kemampuan pemecahan masalah, dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran dan LKPD yang dikembangkan. Data evaluasi produk dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas RPP dan LKPD IPA terpadu. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis untuk mengetahui selisih dari kegiatan I ke kegiatan II. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Berdasarkan penilaian dari dosen ahli dan guru IPA, RPP IPA terpadu dengan pendekatan keterampilan proses (PKP) hasil pengembangan memiliki kualitas “Baik” dan LKPD IPA terpadu dengan pendekatan keterampilan proses (PKP) hasil pengembangan memiliki kualitas “Sangat Baik”, sehingga RPP dan LKPD layak untuk digunakan. Disamping itu, dari hasil penilaian respon peserta didik terhadap pembelajaran dan LKPD menunjukkan kriteria “Sangat Baik”; (2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan RPP dan LKPD yang dikembangkan mengalami peningkatan dari kegiatan I ke kegiatan II sebesar 5%. Adapun persentase tingkat penguasaan kemampuan pemecahan masalah pada kegiatan I sebesar 83% dan pada kegiatan II sebesar 88%. Kata kunci: RPP, LKPD, IPA Terpadu, PKP, Kemampuan Pemecahan Masalah