%L UNY9331 %A KRISTINA MARIA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode primavista bagi mahasiswa praktek instrumen mayor (PIM) VI piano di Jurusan Pendidikan Seni Musik UNY. Kemampuan primavista adalah kemampuan membaca partitur sekaligus memainkannya secara langsung atau tanpa persiapan sebelumnya. Keterampilan membaca adalah suatu kecakapan atau keahlian dalam membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa PIM VI piano di Jurusan Pendidikan Seni Musik serta Dosen Ppengampu PIM VI piano. Teknik pengumpulan data penerapan metode primavista tersebut adalah dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi proses pembelajaran serta hasil evaluasi pembelajaran PIM VI piano. Keabsahan data tentang penerapan metode primavista bagi mahasiswa PIM VI piano dilakukan dengan trianggulasi antara wawancara peneliti dengan dosen dan mahasiswa serta dokumen data yang ada. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan 4 komponen yaitu reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses penerapan metode primavista di kelas PIM VI piano berjalan dengan baik. Metode tersebut membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemempuan membaca ditunjukkan dengan perkembangan dan peningkatan nilai dalam setiap pertemuan. Jadi dapat disimpulkan metode primavista yang diterapkan mahasiswa PIM VI piano dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa PIM piano di Jurusan Pendidikan Seni Musik. %T PENERAPAN METODE PRIMAVISTA BAGI MAHASISWA PRAKTEK INSTRUMEN MAYOR (PIM) VI PIANO DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK %D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA