%0 Thesis %9 S1 %A Mutmainah , Mutmainah %A Dr. Insih Wilujeng, %A Purwanti Widhy H.,M.Pd., %A Prof. Dr. H. Mundilarto, , %A Maryati, M.Si., %B FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %D 2012 %F UNY:9325 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K pengembangan, RPP, LKS, kontekstual, keaktifan. %T PENGEMBANGAN RPP DAN LKS IPA TERPADU DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA TEMA HUJAN ASAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA %U http://eprints.uny.ac.id/9325/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan RPP dan LKS IPA terpadu dengan pendekatan kontekstual pada tema “hujan asam dan pengaruhnya terhadap lingkungan” yang layak dan memiliki karakter khusus serta untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan RPP dan LKS yang telah dikembangkan tersebut. Jenis penelitian yang dikembangkan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) model 4D (define, design, develop, and disseminate). Penelitian ini didahului dengan mengadakan research. Kemudian dilanjutkan dengan 4 tahap pengembangan. Tahap pertama adalah pendefinisian (define) yaitu mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran berdasarkan hasil research. Tahap kedua adalah mendesain (design) yaitu merancang tema, format dan sistematika RPP dan LKS serta perangkat pendukung seperti silabus, lembar observasi keaktifan dan soal pretes-postes. Tahap ketiga adalah pengembangan (develop) draft produk. Draft produk awal yang telah jadi kemudian divalidasi oleh 3 dosen ahli, 2 guru IPA, dan 3 teman sejawat. Produk hasil validasi tersebut kemudian diujicobakan terbatas di SMP Negeri 1 Godean untuk mendapatkan uji respon siswa dan uji keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Masukan dan saran dari uji coba terbatas tersebut dijadikan acuan dalam revisi sehingga diperoleh produk akhir. Pada penelitian ini tidak dilakukan tahap keempat yaitu penyebaran (disseminate). Hal ini karena keterbatasan waktu dan biaya peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian dosen ahli, guru IPA, dan teman sejawat, kualitas kelayakan RPP hasil pengembangan berada pada kategori “sangat baik” dan kualitas kelayakan LKS hasil pengembangan berada pada kategori “sangat baik”. Karakteristik RPP dan LKS hasil pengembangan adalah penggunaan pendekatan kontekstual dan menitikberatkan pada aktivitas siswa. Hasil observasi keaktifan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan RPP dan LKS hasil pengembangan menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dengan rerata gain score pada pertemuan awal dan akhir sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Kata kunci: pengembangan, RPP, LKS, kontekstual, keaktifan.