<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat \r\npembelajaran IPA Terpadu yang mengimplementasikan model Susan Loucks-\r\nHorsley. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari Silabus, RPP dan LKS serta \r\nmengetahui peningkatan keterampilan proses dan penguasaan materi belajar \r\nsiswa. \r\nPenelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari \r\ntahap mendefinisikan (define), tahap merencanakan (design), tahap \r\nmengembangkan (develop), dan tahap menyebarkan (disseminate). Penelitian ini \r\ndilaksanakan di MTs Al Ma’Had An-Nur Bantul. Data penelitian diperoleh \r\nmelalui lembar penilaian perangkat pembelajaran, angket respon siswa terhadap \r\nLKS, lembar observasi keterampilan proses serta nilai tes kemampuan awal dan \r\ntes kemampuan akhir (lembar pre-test dan post-tes). \r\nPerangkat pembelajaran IPA yang bertemakan pencemaran air \r\ndikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses dan penguasaan materi \r\nbelajar siswa. Kualitas perangkat pembelajaran IPA berdasarkan penilaian dosen \r\nahli, teman sejawat dan guru IPA menghasilkan rerata penilaian silabus adalah \r\n44.66 yang termasuk dalam kriteria sangat baik, rerata penilaian RPP adalah 66,00 \r\nyang termasuk dalam kriteria sangat baik, dan rerata penilaian LKS adalah 65,08 \r\nyang termasuk dalam kriteria sangat baik. Pembelajaran menggunakan perangkat \r\npembelajaran model Susan Loucks-Horsley dapat meningkatkan penguasaan \r\nmateri IPA ditunjukkan bahwa perolehan gain skor sebesar 0,7 dikategorikan \r\ntinggi, serta rerata nilai pre-test sebesar 65,69 dan rerata nilai post-test sebesar \r\n88,79 melebihi nilai KKM. Pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran \r\nmodel Susan Loucks-Horsley dapat meningkatkan keterampilan proses \r\nditunjukkan bahwa peningkatan sebesar 0,7 dikategorikan tinggi, serta rerata skor \r\npada keterampilan proses 1: 77,62 dan keterampilan proses 2 : 94,25. \r\n \r\n \r\nKata Kunci: Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu, Susan Loucks-Horsley. \r\n "^^ . "2012-07-20" . . . . . . "UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "Istikhomah "^^ . "Maya "^^ . "Istikhomah Maya "^^ . . "Dr. Paidi, M.Si."^^ . . . "Prof.Dr. Zuhdan K.P, M.Ed."^^ . . . "Dr. Dadan Rosana"^^ . . . "Vinta A .T, M.Pd, M.Si."^^ . . . . . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Text)"^^ . . . "COVER - 08312244036.pdf"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB 1 - 08312244036.pdf"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB 2 - 08312244036.pdf"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB 5 - 08312244036.pdf"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \r\nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \r\nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP\r\n \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9272 \n\n \nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \nYANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL \nHORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN \nPENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP \n \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Biologi"@en . . . "Fisika"@en . . . "Kimia"@en . . . "Perpustakaan" . .