%0 Thesis %9 S1 %A Maya , Istikhomah %A Dr. Paidi, M.Si., %A Prof.Dr. Zuhdan K.P, M.Ed., %A Dr. Dadan Rosana, %A Vinta A .T, M.Pd, M.Si., %B FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %D 2012 %F UNY:9272 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu, Susan Loucks-Horsley. %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU YANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL HORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP %U http://eprints.uny.ac.id/9272/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran IPA Terpadu yang mengimplementasikan model Susan Loucks- Horsley. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari Silabus, RPP dan LKS serta mengetahui peningkatan keterampilan proses dan penguasaan materi belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap mendefinisikan (define), tahap merencanakan (design), tahap mengembangkan (develop), dan tahap menyebarkan (disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Ma’Had An-Nur Bantul. Data penelitian diperoleh melalui lembar penilaian perangkat pembelajaran, angket respon siswa terhadap LKS, lembar observasi keterampilan proses serta nilai tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir (lembar pre-test dan post-tes). Perangkat pembelajaran IPA yang bertemakan pencemaran air dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses dan penguasaan materi belajar siswa. Kualitas perangkat pembelajaran IPA berdasarkan penilaian dosen ahli, teman sejawat dan guru IPA menghasilkan rerata penilaian silabus adalah 44.66 yang termasuk dalam kriteria sangat baik, rerata penilaian RPP adalah 66,00 yang termasuk dalam kriteria sangat baik, dan rerata penilaian LKS adalah 65,08 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran model Susan Loucks-Horsley dapat meningkatkan penguasaan materi IPA ditunjukkan bahwa perolehan gain skor sebesar 0,7 dikategorikan tinggi, serta rerata nilai pre-test sebesar 65,69 dan rerata nilai post-test sebesar 88,79 melebihi nilai KKM. Pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran model Susan Loucks-Horsley dapat meningkatkan keterampilan proses ditunjukkan bahwa peningkatan sebesar 0,7 dikategorikan tinggi, serta rerata skor pada keterampilan proses 1: 77,62 dan keterampilan proses 2 : 94,25. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu, Susan Loucks-Horsley.