%0 Thesis %9 S1 %A LINDA SARI, DEWI %A Prof. Dr. Djumadi , %A Dr. Insih Wilujeng , %A Subroto, M. Pd. , %A Dr. Heru Kuswanto , %B FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %D 2012 %F UNY:9266 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Aktivitas, hasil belajar kognitif, Advanced Organizer %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCED ORGANIZER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KELAS X %U http://eprints.uny.ac.id/9266/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model Advanced Organizer terhadap aktivitas siswa, pengaruh penerapan model Advanced Organizer terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment dengan desain pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik cluster random sampling, yaitu secara acak dipilih dua kelas sebagai sampel, dengan syarat populasi tersebut harus bersifat normal dan homogen.Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Mlati dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran Advanced Organizer dan kelas XC sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran tanpa Advanced Organizer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Penugasan Siswa, Soal Pre Test dan Post Test,Lembar Observasi aktivitas siswa . Berdasarkan data yang diperoleh dapat dilihat bahwa skor hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol yang diberikan pembelajaran tanpa Advanced Organizer dapat ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata kelas 75,3. Sedangkan skor hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan Advanced Organizer ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata kelas 80,8. Pencapaian skor rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test yang menunjukkan taraf signifikansi P = 0,024 dimana < 0,05. Dengan demikian, dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran Advanced Organizer dengan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran tanpa Advanced Organizer pada taraf kesalahan 5 %. Sedangkan untuk aktivitas siswa dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, atau dapat pula dilihat dari perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test yang menunjukkan taraf signifikansi P = 0,005 dimana < 0,05. sehingga dikatakan bahwa pembelajaran Advanced organizer meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar kognitif, Advanced Organizer