TY - THES PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A1 - IKA , NURWIDIYANTI Y1 - 2012/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada tema mendengar dari gelombang. Keefektifan yang diukur adalah keefektifan proses dan hasil belajar aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen, dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest design. Penelitian dilakukan pada satu kelas sampel yaitu VIII A dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa, yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA berupa angket keefektifan pembelajaran dan instrument tes kognitif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA dengan menggunakan kooperatif tipe TPS yaitu deskriptif untuk angket keefektifan pembelajaran IPA menggunakan program excel dengan kriteria keefektifan dan untuk aspek kognitif dengan Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai angket keefektifan pembelajaran diperoleh hasil sebesar 4,14 yang berarti pembelajaran tersebut efektif. Selain itu, ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan analisis Gain Score untuk hasil belajar aspek kognitif siswa diperoleh sebesar 0,52 dengan kategori efektif. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif TPS (Think-Pair-Share) efektif dalam pembelajaran IPA tema mendengar dari gelombang. Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe TPS, keefektifan pembelajaran, hasil belajar IPA UR - http://eprints.uny.ac.id/9262/ ID - UNY9262 M1 - skripsi AV - public KW - pembelajaran kooperatif tipe TPS KW - keefektifan pembelajaran KW - hasil belajar IPA TI - KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA TEMA MENDENGAR DARI GELOMBANG ER -