eprintid: 9242 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/92/42 datestamp: 2012-12-18 06:30:18 lastmod: 2019-01-29 18:00:09 status_changed: 2012-12-18 06:30:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Feby, Kristifany corp_creators: Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo corp_creators: Vinta A. Tiarani, M.Si, M.Ed. corp_creators: Dr. Dadan Rosana corp_creators: Maryati, M.Si. title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” UNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF SISWA TERHADAP IPA ispublished: pub subjects: F1 subjects: F2 subjects: F3 subjects: perpus divisions: fmipa_pend_ipa full_text_status: public keywords: Model pembelajaran Susan Loucks-Horsley, Silabus, RPP, LKS, IPA, destilasi, sikap positif, siswa abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA Terpadu model Susan Loucks-Horsley pada tema “Destilasi” yang layak untuk meningkatkan sikap positif siswa terhadap IPA. Perangkat dalam penelitian ini dibatasi pada pengembangan Silabus, RPP dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian dan pengembangan (R&D) dengan langkah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan informasi dilakukan melalui analisis siswa, analisis kurikulum dan studi pustaka. Tahap perencanaan dilakukan dengan menentukan SKKD, tujuan dan indikator, pemilihan format dan penentuan komponen sikap yang akan diukur. Tahap pengembangan draf perangkat pembelajaran dilakukan dengan dua kegiatan yaitu pengembangan perangkat dan penilaian perangkat oleh ahli, guru dan siswa. Tahap uji coba lapangan awal dilakukan dengan menerapkan perangkat dalam pembelajaran dan penyebaran angket sikap siswa terhadap IPA. Tahap selanjutnya yaitu penyempurnaan poduk hasil uji coba yang diperoleh dari hasil uji coba lapangan awal. Perangkat pendukung berupa instrumen penilaian kualitas perangkat, angket penilaian sikap siswa terhadap IPA, lembar observasi respon peserta didik dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif yaitu berupa uraian saran dan skor penilaian dari semua reviewer pada tiap aspek penilaian perangkat, dan data peningkatan sikap siswa yang berupa rerata persentase sikap siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran model Susan Loucks-Horsley. Hasil penelitian ini adalah Silabus, RPP dan LKS IPA Terpadu model Susan Loucks-Horsley pada tema “Destilasi” yang dinilai sangat baik (A) secara keseluruhan dan layak untuk digunakan. Perangkat pembelajaran ini juga layak untuk meningkatkan sikap positif siswa terhadap IPA. Hal ini dapat diketahui dari rerata persentase peningkatan sikap siswa terhadap IPA setelah pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui angket yaitu sebesar 17,98 %. Analisis Paired-Sample T Test membuktikan juga bahwa kenaikan sikap siswa terhadap IPA sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Susan Loucks-horsley signifikan. Kata Kunci: Model pembelajaran Susan Loucks-Horsley, Silabus, RPP, LKS, IPA, destilasi, sikap positif, siswa date: 2012-07-19 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM thesis_type: skripsi citation: Feby, Kristifany (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” UNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF SISWA TERHADAP IPA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/9242/1/cover%20-%2008312244022.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9242/2/bab%201%20-%2008312244022.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9242/3/bab%202%20-%2008312244022.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9242/4/bab%205%20-%2008312244022.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9242/5/lampiran%20-%2008312244022.pdf