<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n "^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA \r\nTerpadu model Susan Loucks-Horsley pada tema “Destilasi” yang layak untuk \r\nmeningkatkan sikap positif siswa terhadap IPA. Perangkat dalam penelitian ini \r\ndibatasi pada pengembangan Silabus, RPP dan LKS. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian penelitian dan pengembangan (R&D) \r\ndengan langkah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan informasi dilakukan \r\nmelalui analisis siswa, analisis kurikulum dan studi pustaka. Tahap perencanaan \r\ndilakukan dengan menentukan SKKD, tujuan dan indikator, pemilihan format dan \r\npenentuan komponen sikap yang akan diukur. Tahap pengembangan draf \r\nperangkat pembelajaran dilakukan dengan dua kegiatan yaitu pengembangan \r\nperangkat dan penilaian perangkat oleh ahli, guru dan siswa. Tahap uji coba \r\nlapangan awal dilakukan dengan menerapkan perangkat dalam pembelajaran dan \r\npenyebaran angket sikap siswa terhadap IPA. Tahap selanjutnya yaitu \r\npenyempurnaan poduk hasil uji coba yang diperoleh dari hasil uji coba lapangan \r\nawal. Perangkat pendukung berupa instrumen penilaian kualitas perangkat, angket \r\npenilaian sikap siswa terhadap IPA, lembar observasi respon peserta didik dan \r\nlembar observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru. Teknik analisis \r\ndata yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif yaitu berupa uraian saran dan \r\nskor penilaian dari semua reviewer pada tiap aspek penilaian perangkat, dan data \r\npeningkatan sikap siswa yang berupa rerata persentase sikap siswa sebelum dan \r\nsesudah pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran model Susan \r\nLoucks-Horsley. \r\nHasil penelitian ini adalah Silabus, RPP dan LKS IPA Terpadu model Susan \r\nLoucks-Horsley pada tema “Destilasi” yang dinilai sangat baik (A) secara \r\nkeseluruhan dan layak untuk digunakan. Perangkat pembelajaran ini juga layak \r\nuntuk meningkatkan sikap positif siswa terhadap IPA. Hal ini dapat diketahui dari \r\nrerata persentase peningkatan sikap siswa terhadap IPA setelah pembelajaran \r\nmenggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui angket yaitu \r\nsebesar 17,98 %. Analisis Paired-Sample T Test membuktikan juga bahwa \r\nkenaikan sikap siswa terhadap IPA sebelum dan sesudah pembelajaran \r\nmenggunakan model Susan Loucks-horsley signifikan. \r\n Kata Kunci: Model pembelajaran Susan Loucks-Horsley, Silabus, RPP, LKS, \r\nIPA, destilasi, sikap positif, siswa "^^ . "2012-07-19" . . . . . . . "UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "Kristifany "^^ . "Feby"^^ . "Kristifany Feby"^^ . . "Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo"^^ . . . "Vinta A. Tiarani, M.Si, M.Ed."^^ . . . "Dr. Dadan Rosana"^^ . . . "Maryati, M.Si."^^ . . . . . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Text)"^^ . . . "cover - 08312244022.pdf"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Text)"^^ . . . "bab 1 - 08312244022.pdf"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Text)"^^ . . . "bab 2 - 08312244022.pdf"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Text)"^^ . . . "bab 5 - 08312244022.pdf"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Text)"^^ . . . "lampiran - 08312244022.pdf"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \r\nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \r\nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \r\nSISWA TERHADAP IPA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9242 \n\n \nPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU \nMODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY PADA TEMA “DESTILASI” \nUNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF \nSISWA TERHADAP IPA \n \n\n" . "text/html" . . . "Biologi"@en . . . "Fisika"@en . . . "Kimia"@en . . . "Perpustakaan" . .