eprintid: 9227 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/92/27 datestamp: 2012-12-18 06:24:51 lastmod: 2019-01-29 17:59:49 status_changed: 2012-12-18 06:24:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fajar, Sulistiyarini corp_creators: Dr. Hari sutrisno corp_creators: Dyah Purwaningsih, M.Si corp_creators: Jaslin Ikhsan, Ph.D. corp_creators: Sunarto, M. Si title: PENGEMBANGAN MEDIA JOYFUL EDUBLOG MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA ispublished: pub subjects: F3 subjects: perpus divisions: fmipa_jurdik_kimia_pend_kimia full_text_status: public keywords: blog, pedagogical chemistry knowledge, reaksi reduksi oksidasi abstract: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kualitas media joyful edublog materi reaksi reduksi oksidasi berbasis pedagogical chemistry knowledge (PChK) untuk peserta didik kelas x SMA/MA. Pengembangan media dibimbing oleh dosen pembimbing dan mendapat masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Instrumen penelitian berupa angket untuk menilai kualitas media yang dihasilkan. Penilaian kualitas dilakukan oleh 5 guru kimia SMA/MA yang memiliki blog dan 5 siswa SMA/MA kelas X. Kriteria penilaian didasarkan atas 7 aspek penilaian yaitu aspek edukasi, aspek keilmiahan, aspek teknis, aspek representatif, aspek artistik, aspek kenyamanan pengguna, dan aspek evaluasi belajar. Hasil penelitian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan standar kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas media. Produk penelitian ini adalah joyful edublog materi reaksi reduksi oksidasi berbasis pedagogical chemistry knowledge (PChK) untuk peserta didik kelas x SMA/MA. Berdasarkan penilaian reviewer, kualitas media memperoleh persentase kualitas sebesar 84,8% dengan kategori sangat baik dari penilaian reviewer guru dan memperoleh persentase kualitas sebesar 94,3% dengan kategori Sangat Baik dari penilaian reviewer siswa. Berdasarkan penilaian tersebut, maka joyful edublog layak digunakan oleh guru dan siswa sebagai media alternatif pembelajaran kimia. Kata kunci: blog, pedagogical chemistry knowledge, reaksi reduksi oksidasi date: 2012-06 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM thesis_type: skripsi citation: Fajar, Sulistiyarini (2012) PENGEMBANGAN MEDIA JOYFUL EDUBLOG MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/9227/1/COVER%20-%2008303241004.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9227/2/BAB%201%20-%2008303241004.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9227/3/BAB%202%20-%2008303241004.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9227/4/BAB%205%20-%2008303241004.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9227/5/LAMPIRAN%20-%2008303241004.pdf