%L UNY9215 %K pembelajaran passing bawah, pendekatan bermain %A HARYATI HARYATI %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran passing bawah bolavoli mini dengan pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD I Temuwuh Dingo Kabupaten Bantul. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan dilakukan satu siklus dengan tiga kali pertemuan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD I Temuwuh Kabupaten Bantul Tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah subyek 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 11 siswa putri. Prosedur penelitiannya meliputi: Perencanaan, tindakan, pengamatan,dan refleksi. Data dikumpulkan melalui pengamatan terhadap guru dalam pembelajaran oleh kedua kolabolator, tanggapan siswa dan tes hasil pembelajaran passing bawah permainan bolavoli mini yang dinilai dari kolabolator dan peneliti. Hasil penelitian melalui pendekatan bermain pada pembelajaran passing bawah bolavoli mini menunjukkan ada peningkatan yaitu dari tahun sebelumnya dengan nilai rata-rata 66,16 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat menjadi rata-rata 76 pada tahun pelajaran 2012/2013. Dengan demikian pendekatan bermain dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran bolavoli mini bagi siswa kelas IV SD I Temuwuh Dlingo Bantul. Kata kunci: pembelajaran passing bawah, pendekatan bermain %T PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MINI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR I TEMUWUH DLINGO BANTUL %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012