%0 Thesis %9 S1 %A EMILIA DWI, OKTAVIA %A Prof. Dr. Mundilarto, %A Suyoso, M.Si., %A Slamet M.T, M.Pd., %A Dr. Yosaphat Sumardi, %B FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %D 2012 %F UNY:9207 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Free-Problem Problem Posing, Structured-Problem Posing dan kemampuan memecahkan soal. %T PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL LISTRIK DINAMIS SISWA KELAS X SMAN I NGAGLIK PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAAN STRATEGI PROBLEM POSING TIPE FREE-PROBLEM POSING DAN TIPE STRUCTURED-PROBLEM POSING %U http://eprints.uny.ac.id/9207/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan soal listrik dinamis siswa kelas X SMAN 1 Ngaglik pada pembelajaran menggunakan Strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing dan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing serta menetahui manakah diantara strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing dan Strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan soal listrik dinamis siswa kelas X SMAN 1 Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Static Group Pre-test – Post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Ngaglik yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas XA, XB, XC, XD, XE, dan XF dengan kelas yang diambil sebagai kelas sampel adalah kelas XA dan XB. Kelas XA mendapat perlakuan menggunakan strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing sedangkan kelas XB mendapat perlakuan menggunakan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kemampuan memecahkan soal listrik dinamis. Pengambilan data dilakukan dengan tes dalam bentuk soal uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis independent t-test pada program SPSS 18.0 dan gain ternormalisasi. Tingkat signifikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan memecahkan soal listrik dinamis siswa kelas X SMAN 1 Ngaglik antara pembelajaran menggunakan Strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing dan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing dengan nilai t hitung -4,066 < t tabel 2,0017. Selain itu dapat pula disimpulkan bahwa strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan strategi belajar Problem Posing tipe Free-Problem Posing, dengan nilai gain pada penggunaan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing sebesar 74,72, sedangkan pada pembelajaran dengan strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing diperoleh gain sebesar 66,36. Kata kunci: Free-Problem Problem Posing, Structured-Problem Posing dan kemampuan memecahkan soal.