<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan\r\nprestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA\r\nNegeri 1 Seyegan Sleman antara yang diajar menggunakan metode pembelajaran\r\nkooperatif tipe Two Stay Two Stray dan yang diajar menggunakan metode\r\nkonvensional, (2) keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Two\r\nStay Two Stray dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta\r\ndidik kelas XI SMA N 1 Seyegan Sleman.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain\r\neksperimen Pre-test Post-test Control Group. Variabel penelitian ini terdiri atas dua\r\nvariabel, yaitu variabel bebas berupa penggunaan metode pembelajaran kooperatif\r\ntipe Two Stay Two Stray dan variabel terikat berupa keterampilan menulis bahasa\r\nJerman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1\r\nSeyegan Sleman yang berjumlah 214 peserta didik. Pengambilan sampel\r\nmenggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai\r\nkelas eksperimen berjumlah 36 peserta didik dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol\r\nyang berjumlah 36 peserta didik. Jumlah sampel adalah 72 peserta didik.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis. Untuk\r\nmengetahui adanya perbedaan skor kemampuan menulis bahasa Jerman yang\r\ndiperoleh kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol digunakan uji-t.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 6,282 lebih besar dari ttabel 2,000\r\ndengan taraf signifikansi α= 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang\r\nsignifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifannya adalah\r\n9,1%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 76,7500 lebih besar dari kelas\r\nkontrol yaitu 70,3056. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode\r\npembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih efektif dalam pembelajaran\r\nketerampilan menulis bahasa Jerman."^^ . "2012-08-07" . . . . . . . "UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS BAHASA DAN SENI, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "Sulistyorini"^^ . "Endah Ayu Wisudawati "^^ . "Sulistyorini Endah Ayu Wisudawati "^^ . . "Drs. SULIS TRIYONO, M.Pd."^^ . . . "Dra. SRI MEGAWATI, M.A."^^ . . . "Dra. TRI KARTIKA HANDAYANI, M.Pd."^^ . . . "Drs. SUBUR, M.Pd."^^ . . . . . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Text)"^^ . . . "1-08203241003.pdf"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Text)"^^ . . . "bab 1-08203241003.pdf"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Text)"^^ . . . "bab 2-08203241003.pdf"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Text)"^^ . . . "bab 5-08203241003.pdf"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Text)"^^ . . . "lampiran-08203241003.pdf"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9201 \n\nKEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa Jerman"@en . . . "Perpustakaan" . .