eprintid: 9185 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/91/85 datestamp: 2012-12-18 02:18:11 lastmod: 2019-01-29 17:58:31 status_changed: 2012-12-18 02:18:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DODI , KURNIAWAN corp_creators: Dr. Heru Kuswanto corp_creators: Suharyanto, M.Pd. corp_creators: Dr. Sukardiyono corp_creators: Eko Widodo, M.Pd title: PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN EKSPLORASI ELABORASI KONFIRMASI (EEK) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA ispublished: pub subjects: F2 subjects: perpus divisions: fmipa_jurdik_fisika_pend_fisika full_text_status: public keywords: pengaruh, eksplorasi elaborasi konfirmasi (EEK), hasil belajar fisika siswa. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran eksplorasi elaborasi konfirmasi (EEK) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Imogiri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling dan diperoleh 19 siswa pada kelas kontrol dan 19 siswa pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest untuk memperoleh data kemampuan awal hasil belajar siswa, observasi untuk mengetahui kegiatan siswa selama proses pembelajaran, dan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir hasil belajar siswa. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pemberian pendekatan pembelajaran EEK terhadap hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan uji regresi yang telah dilakukan diperoleh hasil besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran EEK terhadap hasil belajar fisika siswa sebesar 22%, sedangkan 78% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini. Dimana sumbangan terbesar terhadap pembelajaran EEK adalah dari kegiatan eksplorasi dan sumbangan terbesar terhadap nilai kegiatan eksplorasi adalah indikator menerapkan cara pemasangan amperemeter, voltmeter dan ohmmeter dalam pengukuran suatu rangkaian tertutup dan membaca hasil pengukuran pada amperemeter, voltmeter dan ohmmeter. Kata kunci : pengaruh, eksplorasi elaborasi konfirmasi (EEK), hasil belajar fisika siswa. date: 2012 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM thesis_type: skripsi citation: DODI , KURNIAWAN (2012) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN EKSPLORASI ELABORASI KONFIRMASI (EEK) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/9185/1/cover%20-%2008302244040.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9185/2/bab%201%20-%2008302244040.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9185/3/bab%202%20-%2008302244040.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9185/4/bab%205%20-%2008302244040.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9185/5/lampiran%20-%2008302244040.pdf