TY - THES AV - public TI - KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PREP TECHNIQUE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 23 BANTARSARI KAB. CILACAP ID - UNY9182 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/9182/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan keterampilan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa kelas VII SMP PGRI 23 Bantarsari, Cilacap yang diajar menggunakan Prep Technique dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan Prep technique dan menguji apakah penerapan Prep Technique efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP PGRI 23 Bantarsari, Cilacap. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 23 Bantarsari, Cilacap, sebanyak 142 siswa yang terdiri dari empat kelas, yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, dan VIID. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre-test dan post-test membaca pemahaman. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah soal tes objektif pilihan ganda membaca pemahaman. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahli (Expert Judgment), sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor post-test keterampilan membaca pemahaman siswa kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil uji dengan menggunakan uji-t skor post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 3,649 dengan df 64 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 1,990. Hasil tersebut menunjukkan Nilai th: 3,649 > ttb:1,990 pada signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan keterampilan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Selanjutnya untuk hasil uji-t skor pre-test dan post-test eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 2,556 dengan df 31 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 2,031. Hasil tersebut menunjukkan nilai th:2,556 > ttb:2,031 pada signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi Prep Technique efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP PGRI 23 Bantarsari, Cilacap. Y1 - 2012/09// A1 - EKA OKTIANA , MUFTI PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ER -