%0 Thesis %9 S1 %A Darsono, Darsono %A Yuliati, M. Kes., %A Purwanti Widhy H.,M.Pd., %A Eko Widodo, M.Pd., %A Maryati, M.Pd. Maryati, M.Pd. Maryati, M.Pd., %B FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %D 2012 %F UNY:9166 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa %T PENGARUH PENERAPAN METODE PERCOBAAN IPA TERPADU TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 KALASAN DENGAN TEMA“MAKANAN” %U http://eprints.uny.ac.id/9166/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui sumbanganvariabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode percobaan IPA terpadu di SMP N 1 Kalasan.PembelajaranIPA terpadu yang digunakanialah tipeconnecteddan difokuskan pada tema “Makanan”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimentaldengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design“. Populasi penelitian iniberjumlah 214 siswa dari semua kelas VIII SMP N 1 Kalasan tahunpelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnyaberjumlah 72 siswa yangterdiri dari dua kelas yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan metode percobaan IPA terpadu dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialahcluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, soalpretestdanposttestuntuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap metode percobaan IPA terpadu. Analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0yaknianalisis kovarian (Anakova) yang meliputi analisis varians (Anava) dananalisis regresi (Anareg). Hasil penelitian disimpulkanbahwa (1) ada pengaruh positif penerapan metode percobaan IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N1 Kalasan dengan tema “makanan”,(2) ada sumbangan variabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dengan tema “makanan” di SMP N 1 Kalasan dan sumbangan yang diberikan sebesar 26,7 % dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode percobaan IPA terpadu dengan tema “Makanan” sebesar 82,22 % dan tergolong dalam kriteriasangat kuat. Kata kunci: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui sumbanganvariabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode percobaan IPA terpadu di SMP N 1 Kalasan.PembelajaranIPA terpadu yang digunakanialah tipeconnecteddan difokuskan pada tema “Makanan”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimentaldengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design“. Populasi penelitian iniberjumlah 214 siswa dari semua kelas VIII SMP N 1 Kalasan tahunpelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnyaberjumlah 72 siswa yangterdiri dari dua kelas yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan metode percobaan IPA terpadu dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialahcluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, soalpretestdanposttestuntuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap metode percobaan IPA terpadu. Analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0yaknianalisis kovarian (Anakova) yang meliputi analisis varians (Anava) dananalisis regresi (Anareg). Hasil penelitian disimpulkanbahwa (1) ada pengaruh positif penerapan metode percobaan IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N1 Kalasan dengan tema “makanan”,(2) ada sumbangan variabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dengan tema “makanan” di SMP N 1 Kalasan dan sumbangan yang diberikan sebesar 26,7 % dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode percobaan IPA terpadu dengan tema “Makanan” sebesar 82,22 % dan tergolong dalam kriteriasangat kuat. Kata kunci: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui sumbanganvariabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode percobaan IPA terpadu di SMP N 1 Kalasan.PembelajaranIPA terpadu yang digunakanialah tipeconnecteddan difokuskan pada tema “Makanan”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimentaldengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design“. Populasi penelitian iniberjumlah 214 siswa dari semua kelas VIII SMP N 1 Kalasan tahunpelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnyaberjumlah 72 siswa yangterdiri dari dua kelas yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan metode percobaan IPA terpadu dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialahcluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, soalpretestdanposttestuntuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap metode percobaan IPA terpadu. Analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0yaknianalisis kovarian (Anakova) yang meliputi analisis varians (Anava) dananalisis regresi (Anareg). Hasil penelitian disimpulkanbahwa (1) ada pengaruh positif penerapan metode percobaan IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N1 Kalasan dengan tema “makanan”,(2) ada sumbangan variabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dengan tema “makanan” di SMP N 1 Kalasan dan sumbangan yang diberikan sebesar 26,7 % dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode percobaan IPA terpadu dengan tema “Makanan” sebesar 82,22 % dan tergolong dalam kriteriasangat kuat. Kata kunci: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa