eprintid: 9161 rev_number: 66 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/91/61 datestamp: 2012-12-18 01:38:19 lastmod: 2019-01-29 17:57:28 status_changed: 2012-12-18 01:38:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ASHFIHANI , ASHFIHANI corp_creators: H.Sukirman, M.Pd. corp_creators: K.Hidayati, M.Pd. corp_creators: Dr.Hartono, corp_creators: Sahid, M.Sc title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII A SMP NEGERI 2 PACITAN ispublished: pub subjects: F4 subjects: perpus divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan m eningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan garis singgung lingkaran kelas VIII A SMP Negeri 2 Pacitan melalui diskusi kelompok kecil dengan pemberian LKS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolabo ratif antara guru matematika SMP Negeri 2 Pacitan dan peneliti . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Pacitan yang be rjumlah 3 1 siswa. P enelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama, lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, tes si klus dan dokumentasi . Didapat hasil penelitian sebagai berikut . (1) Pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan metode diskusi kelompok kecil dengan pemberian LKS di SM P Negeri 2 Pacitan yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik a: (a) guru membagi kelas menjadi 8 kelompok kecil dengan masing-masing kelompok beranggotakan 3 -4 siswa, (b) s iswa diberi masalah yang dituangkan dalam lembar kegiatan siswa, (c) siswa berdiskusi dan berpartisipasi aktif dalam kelompoknya masing-masing untuk menyelesaikan masalah yang diberikan guru , (d) guru memonitor dan membimbing siswa dalam tiap kelompok jika siswa menemui kesulitan, (e) siswa mempresentasikan hasil pengerjaan LKS di depan kelas, (f) guru dan siswa bersama -sama menyimpulkan materi. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika yang dicapai siswa meningkat ditunjukkan dengan: r ata-rata nilai tes siswa mengalami peningkatan dari 49,97 pada siklus I menjadi 69,32 pada sikl us II dan persentase skor rata -rata tiap aspek kemampuan pemecahan masalah matematika terhadap skor maksimal tiap aspek kemampuan pemecahan masalah matematika ada kenaikan dari siklus I ke siklus II, yaitu: (a) kemampuan memahami masalah dari 68,09% pada siklus I menjadi 8 4,67% pada siklus II, (b) kemampuan merenc anakan pemecahan masalah dari 4 3,78% pada siklus I menjadi 61,79% pada siklus II, (c) kemampuan menyelesaikan masalah dari 44,2 2% pada siklus I menjadi 66,18% pada siklus II, (d) kemampu an menafsirkan solusinya dari 35,48% pada siklus I menjadi 60,20% pada siklus II. date: 2011-06 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM thesis_type: skripsi citation: ASHFIHANI , ASHFIHANI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII A SMP NEGERI 2 PACITAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/1/COVER%20-%2004301244012.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/2/BAB%20I-04301244012.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/3/BAB%20II-04301244012.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/4/BAB%20V-04301244012.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/5/DAFTAR%20PUSTAKA%20-04301244012.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/6/Kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20LKS%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/7/Kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20LKS%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/8/Kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20LKS%203.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/9/Kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20LKS%204.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/10/LKS%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/11/LKS%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/12/LKS%203.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/13/LKS%204.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/14/RPP%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/15/RPP%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/16/RPP%203.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/17/RPP%204.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/18/kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20tugas%20individu%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/19/kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20tugas%20individu%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/20/kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20tugas%20individu%203.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/21/kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20tugas%20individu%204.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/22/Tugas%20Individu%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/23/Tugas%20Individu%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/24/Tugas%20Individu%203.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/25/Tugas%20Individu%204.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/26/KISI-KISI%20TES%20SIKLUS%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/27/KISI-KISI%20TES%20SIKLUS%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/28/Kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20tes%20siklus%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/29/Kunci%20jawaban%20dan%20pedoman%20penskoran%20tes%20siklus%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/30/Tes%20Siklus%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/31/Tes%20Siklus%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/32/Kisi-kisi%20pedoman%20wawancara%20dengan%20siswa.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/33/Lembar%20Observasi%20Proses%20Pemecahan%20Masalah%20oleh%20Siswa.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/34/Pedoman%20wawancara%20dengan%20siswa.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/35/CL%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/36/CL%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/37/CL%203.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/38/CL%204.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/39/CL%205.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/40/Hasil%20Observasi%20LKS%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/41/Hasil%20Observasi%20LKS%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/42/Hasil%20Observasi%20LKS%203.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/43/Hasil%20Observasi%20LKS%204.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/44/Hasil%20Observasi%20Tes%20Siklus%20I%20No.1.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/45/Hasil%20Observasi%20Tes%20Siklus%20II%20No.1.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/46/Contoh%20Hasil%20Jawaban%20Tes%20Siklus%20Siswa.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/47/DAFTAR%20NAMA%20KELOMPOK%20VIII%20A.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/48/Hasil%20Analisis%20Aspek%20Kemampuan%20Pemecahan%20Masalah.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/49/Hasil%20Analisis%20LKS.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/50/Hasil%20Analisis%20Tes%20Siklus%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/51/Hasil%20Analisis%20Tes%20Siklus%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/52/Hasil%20Tes%20Siklus.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/53/Hasil%20Wawancara.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/54/SK%20Pembimbing.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/55/SK%20Penguji.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/56/Surat%20Ijin%20Penelitian.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9161/57/SuratTelah%20Penelitian.pdf