@phdthesis{UNY9158, year = {2012}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA JOYFUL EDUBLOG BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SISWA SMA/MA }, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, author = { Budhiarti Annisa}, month = {June}, url = {http://eprints.uny.ac.id/9158/}, keywords = {blog, Pedagogical Chemistry Knowledge, ikatan kimia }, abstract = {Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kualitas media Joyful Edublog berbasis Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) pada materi ikatan kimia untuk siswa SMA/MA. Pengembangan media dibimbing oleh dosen pembimbing dan mendapat masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Instrumen penelitian berupa angket untuk menilai kualitas media yang dihasilkan. Penilaian kualitas dilakukan oleh 5 guru kimia SMA/MA yang memiliki blog dan 5 siswa SMA/MA kelas X. Kriteria penilaian didasarkan atas 7 aspek penilaian yaitu aspek edukasi, aspek keilmiahan, aspek teknis, aspek representatif, aspek artistik, aspek kenyamanan penggunaan, dan aspek evaluasi belajar. Hasil penelitian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan standar kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas media. Produk penelitian ini adalah Joyful Edublog berbasis Pedagogical Chemistry Kowledge (PChK) pada materi ikatan kimia untuk siswa SMA/MA. Berdasarkan penilaian reviewer, kualitas media memperoleh nilai baik dari penilaian reviewer guru dan memperoleh nilai sangat baik dari penilaian reviewer siswa. Berdasarkan penilaian tersebut, maka Joyful Edublog layak digunakan oleh guru dan siswa sebagai media alternatif pembelajaran kimia. Kata kunci: blog, Pedagogical Chemistry Knowledge, ikatan kimia } }