%0 Thesis %9 S1 %A Dewi Kartika , Wati %A Dra. ALICE ARMINI, M.Hum., %A Drs. ROHALI, M.Hum., %A Dra. ROSWITA LUMBAN TOBING, M.Hum., %A Dra. SITI PERDI RAHAYU, M.Hum., %B FAKULTAS BAHASA DAN SENI %D 2012 %F UNY:9155 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T ANALISIS WACANA IKLAN PRODUK PAKAIAN KERJA DALAM MAJALAH FEMME ACTUELLE: Suatu Pendekatan Mikrostrukural dan Makrostruktural %U http://eprints.uny.ac.id/9155/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis penanda kohesi, (2) jenis penanda koherensi, (3) konteks situasi dan konteks sosial budaya dalam iklan produk pakaian kerja dalam majalah Femme Actuelle. Sumber data penelitian ini adalah majalah Femme Actuelle N° 1326 edisi 22-28 Februari 2010, sedangkan data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat berpenanda kohesi dan koherensi, serta tanda linguistik dan tanda non-linguistik yang terdapat dalam iklan produk pakaian kerja dalam majalah Femme Actuelle. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan teknik lanjutannya yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih untuk menganalisis kohesi dan koherensi, serta metode padan untuk menganalisis konteks situasi dan konteks sosial budaya. Keabsahan data diperoleh melalui validitas konstruk dan validitas semantis, serta reliabilitas intra-rater, inter-rater dan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis penanda kohesi yang terdapat dalam iklan produk pakaian kerja dalam majalah Femme Actuelle berupa kohesi gramatikal dan leksikal. Kohesi gramatikal meliputi referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Sedangkan, kohesi leksikal meliputi repetisi, sinonimi, kolokasi, dan hiponimi, (2) jenis penanda koherensi yang terdapat dalam iklan produk pakaian kerja dalam majalah Femme Actuelle berupa pertalian makna aditif dan pertalian makna tujuan, (3) konteks situasi menunjukkan bahwa seluruh produk pakaian kerja dalam majalah Femme Actuelle merupakan pakaian dengan model jas, serta latar iklan di dalam sebuah kantor dan di atas catwalk. Konteks sosial budaya menunjukkan bahwa model pakaian kerja untuk wanita ini mengalami perkembangan dikarenakan adanya kesetaraan jender dan semakin banyaknya wanita yang bekerja di sektor publik. Kohesi dan koherensi yang telah ditemukan dalam iklan produk pakaian kerja dalam majalah Femme Actuelle menunjukkan bahwa wacana tersebut memiliki kepaduan baik bentuk maupun makna. Selanjutnya, adanya konteks situasi dan konteks sosial-budaya menumbuhkan makna pada wacana iklan.