TY - THES A1 - Anggoro Dwi , Priambodo PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ID - UNY9103 UR - http://eprints.uny.ac.id/9103/ KW - Pembelajaran KW - Meroda KW - Siswa Kelas IV SD KW - Gambar Y1 - 2012/10// N2 - Pembelajaran meroda di SD Negeri Triharjo hasilnya masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran meroda berupa ketertarikan siswa, dan nilai yang semakin meningkat, dengan media gambar pada kelas IV SD N 1 Triharjo, Wates Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan dilaksanakan dengan 1 siklus, dengan 2 kali pertemuan dengan tahapan, perancanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Triharjo Wates Kulon Progo pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah, lembar observasi kegiatan belajar mengajar guru dan siswa, lembar penilaian keterampilan meroda. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dari pengamatan saat proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa, dengan media gambar siswa semakin tertarik dengan meroda. Hasil dari evaluasi keterampilan meroda 18 (81 %) siswa nilainya 72 ke atas atau sesuai dengan KKM. Semua siswa sudah berani untuk praktik meroda dan bersemangat melakukan pembelajaran meroda. Kata Kunci : Pembelajaran, Meroda, Siswa Kelas IV SD, Gambar AV - public M1 - skripsi TI - UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN MERODA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TRIHARJO WATES KULON PROGO ER -