TY - THES Y1 - 2012/10// UR - http://eprints.uny.ac.id/9076/ KW - pembelajaran pasing bola KW - permainan sepakbola KW - pendekatan PAKEM. ID - UNY9076 PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A1 - Amas , Jumeno TI - UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN PAKEM PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 TEMPUREJO KALIBAWANG WONOSOBO AV - public M1 - skripsi N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu peserta didik belum menguasai teknik dasar pasing bola dengan benar dan pada saat dilakukan evaluasi pasing bola masih banyak peserta didik yang tidak dapat pasing bola tepat mengenai sasaran yang dibuat oleh guru, serta pembelajaran yang dilakukan guru terlihat monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan pembelajaran pasing bola dalam permainan sepakbola melalui pendekatan PAKEM pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tempurejo Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tempurejo yang berjumlah 37 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan (data observasi), hasil tes peserta didik dan wawancara (tanggapan siswa terhadap pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PAKEM dapat meningkatan pembelajaran pasing bola pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tempurejo. Hal tersebut berdasarkan data hasil pengamatan guru yaitu pelaksanaan pembelajaran memendang bola dengan menggunakan pendekatan PAKEM berlangsung dengan baik pada tiap siklus. Nilai rata-rata kelas pasing bola sebelum diberikan treatment yaitu 68,07 (37,84% atau 14 peserta didik yang tuntas), kemudian setelah diberikan treatment pada siklus I diperoleh nilai ratarata pasing bola peserta didik yaitu 76,01 (70,27% atau 26 peserta didik yang tuntas) dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata pasing bola peserta didik menjadi 83,28 (100% atau 37 peserta didik yang tunas). Sedangkan hasil wawancara dengan peserta didik menyebutkan bahwa pembelajaran pasing bola melalui pendekatan PAKEM membuat peserta didik aktif dan menyenangkan. Kata kunci: pembelajaran pasing bola, permainan sepakbola, pendekatan PAKEM. ER -