TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri Gejayan Pakis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua (2) siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 70 menit. Subjek penelitian yaitu Kelas V SD Negeri Gejayan Pakis yang berjumlah 21 anak. Data diambil sebelum proses pembelajaran, pada saat proses pembelajaran dan sesudah pembelajaran oleh peneliti bersama kolaborator dengan menggunakan tabel observasi. Disamping itu, juga dengan angket siswa. Hasil penelitian berdasarkan observasi pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri Gejayan Pakis dapat meningkatkan sikap permulaan awalan lompat jauh 90% kategori baik, 10% kategori cukup. Saat pelaksanaan 90% kategori baik, 10% kategori cukup. Sikap akhir 90% kategori baik, 10% kategori cukup. Kerjasama 95% kategori baik, 5% kategori cukup. Tanggung Jawab 95% kategori baik, 5% kategori cukup. Kejujuran 90% kategori baik, 10% kategori cukup. Sehingga upaya peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui pendekatan bermain dapat dikatakan berhasil dengan baik. Kata Kunci : Lompat Jauh, Pendekatan Bermain, Siswa Kelas V. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/9010/ KW - Lompat Jauh KW - Pendekatan Bermain KW - Siswa Kelas V. Y1 - 2012/09/27/ ID - UNY9010 AV - public PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TI - PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEJAYAN KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG A1 - Arif , Hartoyo ER -