%0 Thesis %9 S1 %A Arinah, Arinah %A Yuyun Ari Wibowo, M,Or, %A Fathan Nurcahyo, M.Or., %A Hari Yuliarto, M.Kes., %A Tri Ani Hastuti, M.Pd., %B FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN %D 2012 %F UNY:8939 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K keterampilan, servis bawah bolavoli, siswa kelas V/A. %T KETERAMPILAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI SISWA KELAS V/A SD NEGERI 1 TOYAREKA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA %U http://eprints.uny.ac.id/8939/ %X Permasalahan dalam penelitian ini karena teknik awalan ketika melakukan servis belum baik yaitu dari posisi ayunan lengan, posisi tangan dan posisi badan, sehingga ketika memukul bola tidak mencapai/ melewati batas net, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan servis bawah permainan bolavoli siswa kelas V/A SD Negeri 1 Toyareka Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V/A SD Negeri 1 Toyareka yang berjumlah 25 anak yaitu terdiri dari 13 siswa putra dan 12 siswa putri. Instrumen yang digunakan dengan teknik pengumpulan data tes keterampilan servis bolavoli yaitu tes servis AAHPER (American Alliance for Health, Physical Education and Recreation)� yang dimodifikasi dari Moelyono Biyakto Atmojo yang sudah diujikan validitas dan reliabilitasnya. Untuk validitas taraf signifikan 5% dari 25 testee diperoleh nilai r hitung = 0,603 dan reliabilitas 0,814. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan servis bawah dalam permainan bolavoli siswa kelas V/A SD Negeri 1 Toyareka yang berada pada kategori sangat kurang sebanyak 8 anak (32,0%), kurang sebanyak 9 anak (36,0%), cukup sebanyak 7 anak (28,0%), baik sebanyak 1 anak (4,0%) dan sangat baik 0 anak (0,0%). Berdasarkan hasil tersebut keterampilan servis bawah permainan bolavoli siswa kelas V/A SD Negeri 1 Toyareka sebagian besar berada pada kategori kurang. Kata kunci: keterampilan, servis bawah bolavoli, siswa kelas V/A.