TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan KW - Manajemen mutu terpadu KW - sekolah berbasis boarding KW - sekolah bermutu terpadu A1 - Saadah, Ummu M1 - tesis AV - restricted TI - Manajemen Mutu Terpadu di SMAS Muhammadiyah Boarding School Sleman dan SMAS IT Abu Bakar Yogyakarta N2 - Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi manajemen mutu terpadu SMAS Muhammadiyah Boarding School Sleman dan SMAS IT Abu Bakar Yogyakarta, menelaah pembentukan mutu SMAS Muhammadiyah Boarding School Sleman dan SMAS IT Abu Bakar Yogyakarta, menemukan budaya mutu SMAS Muhammadiyah Boarding School Sleman dan SMAS IT Abu Bakar Yogyakarta, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi mutu SMAS Muhammadiyah Boarding School Sleman dan SMAS IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Data penelitian dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaņa (2014) melalui kegiatan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) mutu SMAS MBS Sleman dan SMAS IT ABY berdasarkan karakteristik sekolah bermutu terpadu yaitu: (a) fokus pada pelanggan; (b) keterlibatan total; (c) pengukuran; (d) komitmen; (e) perbaikan terus- menerus. (2) pembentukan mutu sekolah berbasis boarding yaitu berdasarkan mutu input, mutu proses, dan mutu output; (3) budaya mutu di sekolah berbasis boarding berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa budaya mutu dibangun berdasarkan prinsip otonomi, partisipasi, transparansi dan akuntabilitas; (4) faktor pendukung mutu yaitu adanya struktur organisasi yang terpadu dan pengadaan SOP yang lengkap, adapun faktor penghambat mutu adalah karena padatnya jadwal kegiatan serta keterbatasan lahan. Adapun saran yang bisa direkomendasikan adalah sekolah sebaiknya melakukan peningkatan efektifitas pelatihan internal, sekolah sebaiknya memperhatikan konsistensi dalam evaluasi dan perbaikan berkelanjutan serta melakukan penyempurnaan SOP dan penjaminan mutu. UR - http://eprints.uny.ac.id/88871/ Y1 - 2025/// ID - UNY88871 ER -