%D 2025 %A Lalu Muhammad Ahsanu Amala %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K disiplin kerja, budaya sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru %T Pengaruh Disiplin Kerja, Budaya Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Se- Kota Mataram %L UNY88870 %X Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis sejauh mana disiplin kerja, budaya sekolah, serta kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah di wilayah Kota Mataram. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto dan survei. Penelitian ini dalam pelaksanaannya menggunakan strategi survei dengan memanfaatkan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian terdiri dari seluruh guru pada tiga Madrasah Aliyah Negeri di Kota Mataram, yang totalnya mencapai 169 orang. Sampel penelitian dipilih melalui teknik probability sampling, sehingga terpilih 114 guru dari ketiga MA tersebut. Untuk proses pengumpulan data, kuesioner yang digunakan telah divalidasi baik secara ahli maupun melalui uji empiris guna mendukung keakuratan penelitian. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS Versi 26. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien regresi sebesar 0.459. Budaya sekolah menunjukkan pengaruh negatif terhadap kinerja guru dengan koefisien regresi sebesar -0.176. Sementara itu, kepemimpinan kepala sekolah juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien regresi 0.498. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan nilai F hitung sebesar 98.026 yang lebih besar dari F tabel sebesar 2.68. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kinerja guru sangat dipengaruhi oleh tingkat disiplin kerja, kualitas kepemimpinan kepala sekolah, serta kondisi budaya sekolah yang mendukung.