eprintid: 88853 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/08/88/53 datestamp: 2025-12-23 00:39:45 lastmod: 2025-12-23 00:39:45 status_changed: 2025-12-23 00:39:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Marisa, Irawati corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK Negeri 4 Yogyakarta dan SMK Negeri 6 Yogyakarta ispublished: pub subjects: D10 divisions: fip_ap full_text_status: restricted keywords: Kepemimpinan, Kompetensi Guru, Pendidikan Vokasi, Kepala Sekolah, SMK abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SMK Negeri 4 dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Kompetensi guru yang dimaksud mencakup aspek pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Kepemimpinan kepala sekolah dipandang sebagai faktor strategis yang mendorong inovasi pembelajaran, menciptakan budaya kerja kolaboratif, serta mendukung pengembangan profesional guru secara berkelanjutan dalam konteks pendidikan vokasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Informan berjumlah enam orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan staf manajemen dari masing-masing sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperkuat melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di kedua sekolah memiliki peran strategis melalui gaya kepemimpinan transformasional dan partisipatif, yang menciptakan budaya kolaboratif dan mendorong pengembangan profesional berkelanjutan. SMKN 4 menekankan kolaborasi internal dan komunikasi partisipatif, sedangkan SMKN 6 mengedepankan kemitraan industri dan inovasi pembelajaran. Meskipun terdapat inovasi seperti teaching factory dan praktik kontekstual, kendala seperti keterbatasan waktu, kesiapan guru terhadap teknologi, serta pelatihan yang kurang relevan masih menjadi hambatan. Rekomendasi strategis meliputi pelatihan berbasis kebutuhan nyata, pemerataan kerja sama dengan DUDI, pemanfaatan teknologi dalam supervisi, serta penguatan kepemimpinan adaptif dan kontekstual. date: 2025 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis citation: Marisa, Irawati (2025) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK Negeri 4 Yogyakarta dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88853/1/irawati%20marisa_23011640097.pdf