eprintid: 88838 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/08/88/38 datestamp: 2025-12-22 03:40:44 lastmod: 2025-12-22 03:40:44 status_changed: 2025-12-22 03:40:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sunilsun, Sunilsun corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru ispublished: pub subjects: D10 divisions: fip_ap full_text_status: restricted keywords: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Disiplin Guru, Kinerja Guru abstract: Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Berbagai faktor dapat memengaruhi kinerja guru, di antaranya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kabupaten Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dari 321 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (F-hitung = 145,801; p < 0,05). Secara parsial, kepemimpinan transformasional kepala sekolah (t-hitung = 9,673), motivasi kerja (t-hitung = 12,834), dan disiplin guru (t-hitung = 12,832) juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru (p < 0,05). Uji determinasi menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut secara bersama-sama menjelaskan 57,99% variasi dalam kinerja guru, sementara 42,01% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Motivasi kerja memiliki pengaruh paling dominan dengan kontribusi sumbangan efektif sebesar 22,58% dan sumbangan relatif sebesar 38,94%, diikuti oleh disiplin guru dengan kontribusi yang sama, serta kepemimpinan transformasional kepala sekolah degan sumbangan efektif sebesar 12,83%, dan sumbangan relatif sebesar 22,12%. Peningkatan kinerja guru dapat dicapai dengan memperkuat kepemimpinan transformasional kepala sekolah serta meningkatkan motivasi dan disiplin kerja guru. Temuan ini memberikan implikasi bagi kepala sekolah dan pemangku kebijakan dalam merancang strategi peningkatan kualitas pendidikan berbasis kepemimpinan yang efektif dan budaya kerja yang lebih produktif. date: 2025 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis citation: Sunilsun, Sunilsun (2025) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88838/1/sunilsun_23011640050.pdf