relation: http://eprints.uny.ac.id/88837/ title: Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Kanisius se-Kota Yogyakarta creator: Bowe, Felisius Oktovianus subject: Manajemen Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Kanisius se-Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Seluruh populasi penelitian yang terdiri dari 75 guru di tujuh Sekolah Dasar Kanisius se-Kota Yogyakarta dilibatkan sebagai responden dalam studi ini, tanpa dilakukan teknik sampling mengingat karakteristik populasi yang homogen dan jumlah terbatas. Validitas instrumen diuji menggunakan expert judgment dan uji empiris dengan korelasi Pearson’s Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumen diuji dengan Cronbach’s Alpha. Uji asumsi klasik meliputi normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Analisis data dilakukan dengan regresi linear sederhana untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen dan regresi linear berganda untuk menguji pengaruh variabel-variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1). Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan koefisien t sebesar 4.052 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. (2). budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam uji regresi sederhana dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, namun berpengaruh tidak signifikan dalam regresi linear berganda dengan nilai koefisien t sebesar -1.310. (3). OCB berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan koefisien t sebesar 9,184 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4). Kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan OCB secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai F hitung 92.878 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, serta nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0.788. Hal ini bermakna bahwa kinerja guru SD Kanisius ditentukan oleh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan OCB. date: 2025 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/88837/1/felisius%20oktovianus%20bowe_23011640018.pdf identifier: Bowe, Felisius Oktovianus (2025) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Kanisius se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.