eprintid: 88823 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/08/88/23 datestamp: 2025-12-17 04:09:06 lastmod: 2025-12-17 04:09:06 status_changed: 2025-12-17 04:09:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Utami, Niken Ardaningtyas corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Implementasi Kurikulum Merdeka, dan Professional Learning Communities terhadap Budaya Organisasi di Sekolah Penggerak ispublished: pub subjects: D10 divisions: fip_ap full_text_status: restricted keywords: budaya organisasi, kepemimpinan instruksional, kurikulum merdeka, professional learning communities abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, implementasi kurikulum merdeka, dan professional learning communities terhadap budaya organisasi di sekolah penggerak jenjang SMA di Kota Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi penelitian terdiri atas 290 guru di sekolah penggerak jenjang SMA di Kota Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dan diperoleh 168 guru. Instrumen divalidasi melalui expert judgment dan uji empiris dengan metode korelasi Pearson’s product moment. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji asumsi klasik mencakup pengujian normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh masing- masing variabel independen (X₁, X₂, X₃) terhadap variabel dependen (Y), serta regresi linier berganda untuk menganalisis pengaruh variabel independen (X₁, X₂, X₃) secara simultan terhadap variabel dependen (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan instruksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi, dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05; 2) implementasi Kurikulum Merdeka berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi, dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05; 3) professional learning communities berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi, dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05; dan 4) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada kepemimpinan instruksional kepala sekolah, implementasi kurikulum merdeka, dan professional learning communities terhadap budaya organisasi. Berdasarkan analisis data diketahui nilai Sig. 0.000 < 0.05 dan nilai Fhitung 130.753 > Ftabel 2.66. Nilai Adjusted R2 sebesar 0.700, yang menandakan variabel independen (X₁, X₂, X₃) menjelaskan 70.0% variabel dependen (Y). date: 2025 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis citation: Utami, Niken Ardaningtyas (2025) Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Implementasi Kurikulum Merdeka, dan Professional Learning Communities terhadap Budaya Organisasi di Sekolah Penggerak. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88823/1/niken%20ardaningtyas%20utami_23011640005.pdf