<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan E-Modul IPAS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas IV SD"^^ . "Salah satu prinsip penerapan kurikulum merdeka di Indonesia adalah\r\npemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi dapat diintegrasikan\r\nke dalam bahan ajar sebagai bagian dari komponen kurikulum. Penelitian ini\r\nbertujuan mengembangkan produk e-modul IPAS berbasis project based learning\r\nyang layak berdasarkan ahli materi dan ahli media; praktis bagi pendidik dan\r\npeserta didik; serta efektif untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta\r\ndidik kelas IV SD.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D)\r\ndengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan utama yaitu\r\nanalyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba\r\nterdiri dari 3 peserta didik dan 1 pendidik pada tahap one-to-one-trial; 9 peserta\r\ndidik dan 1 pendidik pada tahap small group trial; 23 peserta didik dan 1 pendidik\r\npada tahap field trial. Sementara pada tahap implementasi melibatkan 44 peserta\r\ndidik yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik\r\npengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, kuesioner, dan tes.\r\nInstrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, angket\r\nvalidasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon peserta didik, angket\r\nrespon pendidik, skala kemampuan kolaborasi, dan tes evaluasi kognitif. Analisis\r\ndata yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji skor n-gain,\r\nuji independent sample t-test, dan uji paired sample t-test.\r\nHasil penelitian dan pengembangan yaitu berupa produk e-modul IPAS\r\nberbasis project based learning yang layak, praktis, dan efektif. Kelayakan produk\r\ndari ahli materi dan ahli media memperoleh skor persentase 88,71% dengan\r\nkategori sangat layak. Kepraktisan produk dari respon pendidik dan peserta didik\r\nmemperoleh skor persentase 81,58% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji\r\nefektivitas berupa uji independent sample t-tes menunjukkan nilai signifikansi\r\n0,022 < 0,05, uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifinaksi 0,000 < 0,05.\r\nHasil tersebut menunjukkan bahwa produk dinyatakan efektif untuk meningkatkan\r\nkemampuan kolaborasi peserta didik kelas IV SD."^^ . "2025" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Dwi Mahmud Rizki"^^ . "Riyanto"^^ . "Dwi Mahmud Rizki Riyanto"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "Pengembangan E-Modul IPAS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas IV SD (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88822 \n\nPengembangan E-Modul IPAS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas IV SD\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .