relation: http://eprints.uny.ac.id/88820/ title: Strategi Pemasaran Pendidikan Sekolah Dasar Swasta Islam di Kabupaten Sleman creator: Riyadika, Yulian Yosa subject: Manajemen Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pemasaran pendidikan sekolah dasar swasta Islam di Kabupaten Sleman dengan menggali aspek strategi penentuan posisi pasar dan strategi bauran pemasaran. Jenis penelitian termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sleman pada SD Global Islamic School 3 Yogyakarta, SD Budi Mulia Dua Pandeansari, SD BIAS 3 Yogyakarta, SD Muhammadiyah Condongcatur, dan SD Teladan Yogyakarta bulan Oktober 2024 – Januari 2025. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penentuan posisi pasar sasaran SD Swasta di Kabupaten Sleman dilakukan dengan fokus pada 1) Pendidikan berbasis Islam, 2) Segmentasi pasar keluarga muslim modern, dan 3) Diferensiasi melalui program unggulan. Strategi bauran pemasaran dilakukan dengan menggunakan prinsip 7P, yaitu 1) Product (layanan inti: kurikulum terintegrasi, program unggulan: diferensiasi produk, fasilitas pendukung: augmented product, integrasi nilai-nilai Islam: pendidikan karakter, pengalaman belajar yang menyenangkan, dan komitmen terhadap kualitas pendidikan), 2) Price (Strategi penetapan harga, diskon dan beasiswa, kualitas layanan dan harga, perbandingan biaya antar sekolah), 3) Place (Lokasi strategis dan aksesibilitas, lingkungan sekolah yang aman & nyaman, dan fasilitas transportasi pendukung), 4) Promotion (Penggunaan media sosial, event promosi langsung, promosi word of mouth, materi promosi yang menarik), 5) People (Kualitas Tenaga Pendidik Pendekatan Komunikatif, Peran Orang Tua dalam, Proses Pendidikan, Interaksi Positif antara Staf dan Siswa, dan Pengembangan Profesional Guru) 6) Process (Pendaftaran Online yang Efisien, Pendekatan Pembelajaran Berbasis Teknologi, dan Efisiensi Administrasi) 7) Psysical Evidence (Fasilitas Modern dan Lengkap, Lingkungan Belajar yang Nyaman, Fasilitas Penunjang Pembelajaran, dan Desain Fisik Sekolah). date: 2025 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/88820/1/yulian%20yosa%20riyadika_23011640009.pdf identifier: Riyadika, Yulian Yosa (2025) Strategi Pemasaran Pendidikan Sekolah Dasar Swasta Islam di Kabupaten Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.