eprintid: 88819 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/08/88/19 datestamp: 2025-12-17 02:30:06 lastmod: 2025-12-17 02:30:06 status_changed: 2025-12-17 02:30:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yuliani, Dona corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: Pengaruh Pelatihan, Motivasi, dan Tingkat Pendidikan Guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Indragiri Hilir ispublished: pub subjects: D10 divisions: fip_ap full_text_status: restricted keywords: kinerja guru, pelatihan, motivasi, tingkat pendidikan abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Pelatihan Guru Terhadap Kinerja Guru. (2) Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru. (3) Pengaruh Tingkat Pendidikan Guru Terhadap Kinerja Guru. (4) Pengaruh Pelatihan, Motivasi dan Tingkat Pendidikan Guru SMK Terhadap Kinerja SMK Negeri di Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif dan metode ex-post facto. Responden dalam penelitian ini merupakan guru SMK Negeri di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau dengan jumlah responden sampel 163 guru yang dipilih menggunakan teknik random sampling proporsional dari total populasi 274 guru SMK Negeri. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan uji validitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan Cronbach Alpha untuk pengujian reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda dan dilengkapi dengan uji parsial, uji simultan dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh pelatihan guru terhadap kinerja guru sebesar 11%. (2) Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru sebesar 6,3% (3) Pengaruh Tingkat Pendidikan guru terhadap kinerja guru sebesar 65%. (4) Pengaruh pelatihan, motivasi, dan Tingkat Pendidikan guru terhadap kinerja guru sebesar 58,1%. Hal tersebut menjelaskan bahwa Pelatihan, Motivasi, pelatihan dan tingkat Pendidikan guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Indragiri Hilir. date: 2025 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis citation: Yuliani, Dona (2025) Pengaruh Pelatihan, Motivasi, dan Tingkat Pendidikan Guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Indragiri Hilir. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88819/1/dona%20yuliani_23011640164.pdf