TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/88818/ ID - UNY88818 Y1 - 2025/// PB - Fakultas Ilmu Pendidikan KW - Disiplin kerja KW - kinerja guru KW - profesionalisme KW - sertifikasi A1 - Yani, Diana Fitri M1 - tesis AV - restricted TI - Pengaruh Sertifikasi, Profesionalisme, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA di Kota Pekanbaru N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sertifikasi, profesionalisme, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMA Kota Pekanbaru, baik secara parsial maupun simultan. Sertifikasi guru, profesionalisme, dan disiplin kerja diidentifikasi sebagai faktor penting yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Penelitian dilaksanakan di SMA Kota Pekanbaru dengan populasi penelitian 800 orang, sampel sebanyak 69 guru yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan nilai signifikansi sebesar 0.05 dan reliabilitas sebesar 0,89. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien sebesar 1.055. Profesionalisme juga memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien sebesar 0.794. Disiplin kerja memberikan pengaruh signifikan dengan nilai koefisien sebesar 0.913. Secara simultan, sertifikasi, profesionalisme, dan disiplin kerja memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 67.7%, sementara 32.3% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan sertifikasi, profesionalisme, dan disiplin kerja secara kolektif dapat meningkatkan kinerja guru. Disarankan agar pihak sekolah dan instansi terkait menyediakan pelatihan dan pengembangan profesional yang mendukung peningkatan kualitas guru. ER -