%0 Thesis %9 S3 %A Raisal, Abu Yazid %A Kuswanto, Heru %B Ilmu Pendidikan %D 2025 %F UNY:88810 %I Sekolah Pascasarjana %K Project STEM mobile, Balimo-limo, berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan proses sains %T Pengembangan Model Pembelajaran Fisika ProSTEMMo Dengan Media AR Balimo-Limo untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. %U http://eprints.uny.ac.id/88810/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan desain model pembelajaran yang diberi nama Model Pembelajaran Fisika Project STEM mobile (ProSTEMMo) dengan media Balimo-limo; 2) menguji kelayakan; 3) menguji kepraktisan; dan 4) menguji keefektifan model dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian researh and development yang mengikuti prosedur pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data analisis kebutuhan dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan tes; data validitas model pembelajaran dikumpulkan melalui skala penilaian; data efektivitas model pembelajaran dikumpulkan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, tes kemampuan berpikir kreatif, dan lembar observasi keterampilan proses sains, diuji dengan paired sample t-test dan MANOVA; data kepraktisan model pembelajaran dikumpulkan melalui lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran fisika ProSTEMMo dengan media AR Balimo-limo dikembangkan berdasarkan landasan teori belajar konstruktivisme dan Experiential Learning dengan sintaks yang terdiri dari orientasi, eksplorasi, desain, kreasi, presentasi, dan evaluasi. Model pembelajaran ini dilengkapi sistem pendukung berupa modul ajar, LKPD, modul fisika terintegrasi AR, aplikasi AR, instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan keterampilan proses sains; 2) model pembelajaran fisika ProSTEMMo dengan media Balimo-limo serta perangkat pendukungnya memenuhi kualitas layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran; 3) model pembelajaran tersebut praktis berdasarkan penilaian keterlaksanaan model; 4) model pembelajaran fisika ProSTEMMo terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan keterampilan proses sains siswa.