@phdthesis{UNY88809, year = {2025}, month = {August}, author = {Febta Pratama and Aman Aman}, title = {Nilai-Nilai Karakter Kepemimpinan Abdur Rozaq Fachruddin Dalam Perspektif Pendidikan: Sebuah Studi Historis.}, school = {Sekolah Pascasarjana}, url = {http://eprints.uny.ac.id/88809/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) nilai-nilai karakter kepemimpinan Abdur Rozaq Fachruddin (Pak AR),(2) nilai-nilai kepemimpinan Pak AR ditinjau dalam perspektif pendidikan., (3) latar belakang kehidupan,pendidikan, Sosial Budaya Pak AR, (4) karya dan Pemikiran Pak AR (5) karir dan Pengabdian Pak AR. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-historis. Objek yang diteliti yakni jejak- jejak historis Abdur Rozaq Fachruddin atau Pak AR yang berisi informasi tentang kehidupan, karya dan pemikiran, karir dan pengabdian Abdur Rozaq Fachruddin atau Pakar. Tahap pertama pengumpulan data, tahap kedua adalah tahap verifikasi, tahap ketiga adalah tahap interpretasi dan terakhir tahap historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan multidimensional dengan pendidikan sebagai salah satu pendekatan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Nilai-nilai Karakter Kepemimpinan Abdur Rozaq Fachruddin atau Pak AR meliputi Religius, Ikhlas, Jujur, Entengan, zuhud, sederhana, demokratis, komunikatif, peduli dan empati, melayani dan mengayomi, responsif, bertanggung jawab, berani, loyal dan komitmen, amanah, mendahulukan orang lain, lemah lembut, kreatif, nasionalisme. (2) Nilai-nilai Karakter kepemimpinan Pak AR dalam perspektif Pendidikan dapat dilihat dari dua sisi. Pertama adalah sosok Pak AR dapat dijadikan teladan dalam kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Kedua, nilai-nilai karakter kepemimpinan Pak AR dapat dijadikan tambahan materi pelajaran untuk sekolah,keluarga dan masyarakat dalam hal ini dapat menjadikan nilai karakter kepemimpinan Abdur Rozaq Fachruddin sebagai tambahan materi nilai kepada anak- anak ataupun dapat digunakan oleh masyarakat umum sebagai inspirasi nilai karakter. (3) Abdur Rozaq Fachruddin lahir di clangap, Purwanggan, Pakualaman Yogyakarta. Abdur Rozaq Fachruddin lahir dari keluarga Kiai dan ulama. Abdur Rozaq Fachruddin adalah putra dari Kyai Fachruddin Imam Puro Pakualaman. Abdur Rozaq Fachruddin sekolah di sekolah Muhammadiyah dan Pondok Pesantren Wonokromo. Abdur Rozaq Fachruddin hidup dalam lingkungan budaya Jawa dan Islam yang kental. Budaya Jawa didapat karena memang berasal dari Jawa dan budaya Islami didapatkan dari lingkungan keluarga, sekolah dan tempat tempat tinggal yakni di Kauman Yogyakarta. (4) Abdur Rozaq Fachruddin memiliki beberapa karya dan pemikiran yang lebih banyak fokus pada masalah aqidah, ibadah, dan muamalah, serta kemuhammadiyahan. Salah satu karyanya adalah mengenal dan menjadi Muhammadiyah, yang berisi pedoman untuk warga Muhammadiyah. Salah satu pemikirannya adalah tentang politik helm terkait Pancasila (5) Abdur Rozaq Fachruddin mengabdikan dirinya untuk Muhammadiyah dari bawah, mulai dari ranting, cabang hingga sampai pucuk pimpinan Muhammadiyah. Abdur Rozaq Fachruddin memimpin Muhammadiyah selama 22 tahun. Abdur Rozaq Fachruddin juga menjadi Mubaligh Muhammadiyah. Selain di Muhammadiyah Abdur Rozaq Fachruddin juga mengabdikan dirinya sebagai pegawai departemen agama, yakni bermula sebagai penghulu hingga pensiun sebagai kepala kantor departmen agama Yogyakarta.}, keywords = {Nilai ? Nilai Karakter, Abdur Rozaq Fachruddin, Pendidikan, Kepemimpinan} }