<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Perencanaan Berbasis Data Pada\r\nAplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) di SMP Negeri\r\nKecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan"^^ . "Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil\r\nPerencanaan Berbasis Data (PBD) pada ARKAS, mengetahui dampak dari\r\nPerencanaan Berbasis Data (PBD) pada ARKAS, dan mengetahui faktor yang\r\nmendukung dan menghambat dalam implementasi Perencanaan Berbasis Data\r\n(PBD) pada ARKAS di SMP Negeri Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten\r\nPelalawan.\r\nMetode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana\r\ntelah diimplementasikan di dua SMP Negeri Kecamatan Pangkalan Kerinci\r\nKabupaten Pelalawan. Adapun yang menjadi subjek penelitian terdiri dari 2\r\norang Kepala Sekolah, 2 orang bendahara dan 1 orang guru. Metode\r\npengumpulan data di penelitian ini melalui observasi, wawancara dan\r\ndokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, mengarah pada teori\r\nMiles dan Huberman yaitu melalui: pengumpulan data, kondensasi data,\r\npenyajian data dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa semua\r\nsekolah sudah melakukan perencanaan berbasis data dalam menyusun ARKAS,\r\ndimana Kepala sekolah bersama tim bendahara BOS dan guru menelaah hasil\r\nRapor Pendidikan. Dari hasil rekomendasi yang ada di Rapor Pendidikan tidak\r\nsemua indikator rekomendasi dimasukkan ke dalam penyusunan ARKAS\r\nmengingat kebutuhan sekolah lainnya yang berbeda-beda dan harus dipenuhi.\r\nPBD pada SMPN 1 Pangkalan Kerinci memuat rekomendasi dari Rapor\r\nPendidikan dengan 8 kegiatan yang dimasukkan ke dalam ARKAS. Pada\r\nSMPN 2 Pangkalan Kerinci, hanya mampu memasukkan 3 indikator\r\nrekomendasi dari Rapor Pendidikan dengan 3 kegiatan yang dimasukkan dalam\r\nARKAS. PBD ini digunakan sebagai acuan dalam menyusun ARKAS agar\r\nlebih terarah dan menimimalisir terjadinya penyelewengan dana BOS karena\r\ndalam membuat anggaran terpantau oleh tim MARKAS yang ada di Dinas\r\nPendidikan. Adapun dalam proses Perencanaan Berbasis Data ini didukung\r\noleh tersedianya data yang akurat dan relevan, kompetensi pengelola sekolah yang\r\ncakap dalam membuat perencanaan, terdapatnya budaya pengambilan keputusan\r\nberbasis data dan adanya sistem monitoring dan evaluasi. Faktor penghambat dalam\r\nPerencanaan Berbasis Data ini antara lain: kurangnya pemahaman dan kompetensi\r\ndalam membuat perencanaan, keterbatasan infrastruktur dalam mengakses data,\r\ndukungan pendampingan yang terbatas, manajemen waktu."^^ . "2025" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Dewi Kusuma"^^ . "Dwikawati"^^ . "Dewi Kusuma Dwikawati"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "Analisis Perencanaan Berbasis Data Pada\r\nAplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) di SMP Negeri\r\nKecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88778 \n\nAnalisis Perencanaan Berbasis Data Pada \nAplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) di SMP Negeri \nKecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .