TY - THES A1 - Asriyeni, Asriyeni TI - Pengaruh Supervisi Akademik, Penghargaan (Reward), dan Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Kerja Guru di SMA Kabupaten Kepulauan Meranti PB - Fakultas Ilmu Pendidikan Y1 - 2025/// KW - motivasi kerja KW - supervisi akademik KW - penghargaan KW - lingkungan kerja AV - restricted M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik, penghargaan (reward), dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja guru di SMA Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini menyoroti bagaimana ketiga variabel tersebut, baik secara simultan maupun parsial, memengaruhi motivasi kerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto dan rancangan korelasional. Data diperoleh melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan uji Pearson dan Cronbach's Alpha. Sampel penelitian adalah 196 guru yang dipilih melalui Teknik simple random sampling dari total populasi 368 guru. Teknik analisis data melibatkan uji regresi linier berganda untuk mengukur hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik, penghargaan, dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru, baik secara parsial maupun simultan. Supervisi akademik berkontribusi melalui peningkatan keterampilan profesional, penghargaan memengaruhi apresiasi dan semangat kerja, serta lingkungan kerja memberikan suasana yang mendukung produktivitas. Direkomendasikan agar supervisi akademik lebih terstruktur, pemberian penghargaan dilakukan secara konsisten, dan lingkungan kerja diperbaiki untuk mendukung kinerja optimal guru. ID - UNY88777 UR - http://eprints.uny.ac.id/88777/ ER -