%K Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Komunikasi Interpersonal, Kompetensi Guru %L UNY88776 %T Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kompetensi Guru SD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir %I Fakultas Ilmu Pendidikan %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari tiga variabel utama terhadap kompetensi guru SD di Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir. Secara khusus, penelitian ini mengkaji: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi guru, (2) pengaruh budaya organisasi terhadap kompetensi guru, (3) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kompetensi guru, serta (4) pengaruh simultan dari kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan komunikasi interpersonal terhadap kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru SD di Kecamatan Tembilahan, dengan sampel sebanyak 163 guru yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda, dengan pengujian tambahan berupa uji parsial (t-test), uji simultan (F-test), dan koefisien determinasi (R²). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel independent kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan komunikasi interpersonal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi dari kepemimpinan yang kuat, budaya organisasi yang mendukung, dan komunikasi interpersonal yang efektif berperan penting dalam meningkatkan kualitas guru di sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan agar kepala sekolah terus meningkatkan keterampilan kepemimpinannya, menciptakan budaya organisasi yang positif dan inklusif, serta memperkuat komunikasi interpersonal dengan guru guna meningkatkan kompetensi mereka. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya. %D 2025 %A Ardinas Hasti