TY - THES ID - UNY88775 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh kepemimpinan terhadap mutu pembelajaran di SMKN Kabupaten Indragiri Hilir, (2) Pengaruh kinerja guru terhadap terhadap mutu pembelajaran di SMKN Kabupaten Indragiri Hilir, (3) Pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap terhadap mutu pembelajaran di SMKN Kabupaten Indragiri Hilir, dan (4) Pengaruh kepemimpinan, kinerja guru, manajemen sarana dan prasarana terhadap mutu pembelajaran di SMKN Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 153 guru di SMKN Kabupaten Indragiri Hilir. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda untuk mengidentifikasi pengaruh signifikan variabel bebas terhadap variabel terikat. Validitas data didukung dengan uji statistik dan triangulasi data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, kinerja guru, dan manajemen sarana dan prasarana masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 87% terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMKN Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan yang baik dalam tiga aspek tersebut merupakan faktor kunci dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan agar kepala sekolah lebih proaktif dalam memimpin, guru meningkatkan profesionalisme, dan sekolah mengoptimalkan pengelolaan sarana dan prasarana. UR - http://eprints.uny.ac.id/88775/ AV - restricted M1 - tesis PB - Fakultas Ilmu Pendidikan Y1 - 2025/// KW - Kepemimpinan KW - Kinerja Guru KW - Manajemen Sarana dan Prasarana KW - Mutu Pembelajaran A1 - Rahim, Abd. TI - Pengaruh Kepemimpinan, Kinerja Guru, Dan Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Mutu Pembelajaran di SMKN Kabupaten Indragiri Hilir ER -