%X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMA Kabupaten Pelalawan, baik secara parsial maupun simultan. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) Apakah kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru? (2) Apakah iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru? (3) Apakah kepuasan kerja guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru? (4) Apakah kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, dan kepuasan kerja guru secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), (2) Iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), (3) Kepuasan kerja guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), dan (4) Kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, dan kepuasan kerja guru secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penguatan kepemimpinan kepala sekolah, penciptaan iklim organisasi yang kondusif, dan peningkatan kepuasan kerja guru dapat meningkatkan kinerja guru di SMA Kabupaten Pelalawan. %A M. Yusup Asari %D 2025 %T Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Kepuasan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMA Kabupaten Pelalawan %I Fakultas Ilmu Pendidikan %L UNY88772 %K Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru