<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu SMA Negeri 3 Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen\r\nBerbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu SMA Negeri 3 Yogyakarta\r\ndan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalm meningkatkan mutu\r\nMadrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan\r\nkualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Bidang Kurikulum,\r\nBidang Kesiswaan, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan\r\nwawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa\r\nlembar pertanyaan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles,\r\nHuberman, & Saldana (2018) dengan langkah-langkah kondensasi data (data\r\ncondensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau\r\nverifikasi (conclusion drawing and verification).\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Manajemen Berbasis\r\nSekolah (MBS) di SMA Negeri 3 Yogyakarta dan MAN 1 Yogyakarta sudah\r\nsejalan dengan standar pengelolaan penerapan MBS. Dalam meningkatkan mutu\r\npendidikan, kedua sekolah ini memiliki kepemimpinan sekolah yang mandiri\r\nkarena telah melakukan pengelolaan dan pengambilan keputusan tanpa adanya\r\nintervensi dari luar. Selain itu, dalam pengelolaannya kedua sekolah ini\r\nmelibatkan partisipasi aktif warga sekolah, baik peserta didik, guru, tenaga\r\nkependidikan, alumni, orang tua/wali, maupun warga sekitar sekolah dalam setiap\r\nprogram. Di kedua sekolah ini terdapat peningkatan kurikulum dan pembelajaran\r\nyang relevan dengan kebutuhan dan potensi peserta didik dengan\r\nmengintegrasikan inovasi pembelajaran dan teknologi terbarukan. SMA Negeri 3\r\nYogyakarta juga menerapkan pendidikan yang inklusif dengan memberikan kuota\r\nkepada ABK dan siswa dari golongan kuang mampu. Dari segi manajemen\r\nkeuangan, kedua sekolah transparan dan akuntabel dalam mengelola program\r\nmaupun anggaran. Selain itu, pemantauan dan evaluasi juga dilaksanakan secara\r\nkontinu untuk memastikan tujuan peningkatan mutu tercapai dengan\r\nmengevaluasi hasil belajar siswa dan kinerja guru. Dengan demikian,\r\nimplementasi MBS di SMA Negeri 3 Yogyakarta dan MAN 1 Yogyakarta dapat\r\nmeningkatkan mutu pendidikan. Disarankan bagi SMA Negeri 3 Yogyakarta\r\nuntuk mengevaluasi ulang penataan sarana yang dimiliki agar dapat digunakan\r\nlebih optimal. Adapun bagi MAN 1 Yogyakarta dapat mengajukan penerapan\r\npendidikan inklusif kepada Kemenag agar implementasi MBS juga dapat lebih\r\noptimal."^^ . "2024" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Ridho"^^ . "Frihastama"^^ . "Ridho Frihastama"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu SMA Negeri 3 Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88769 \n\nImplementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu SMA Negeri 3 Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .