<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANAJEMEN PENELUSURAN DAN PENGEMBANGAN MINAT\r\nDAN BAKAT SISWA DI MTs NUR IMAN MLANGI GAMPING\r\nSLEMAN DAN MTS MA’ARIF DARUSSHALIHIN SLEMAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menemukan; (1) perencanaan, pengorganisasian,\r\npelaksanaan dan evaluasi dalam penelusuran dan pengembangan minat dan bakat siswa.\r\n(2) faktor pendukung dan penghambat penelusuran dan pengembangan bakat dan minat\r\nsiswa. (3) cara mengatasi permasalahan yang terjadi di di dalam proses manajemen\r\npenelusuran dan pengembangan minat dan bakat siswa di MTs Nur Iman Mlangi dan\r\nMTs Ma’arif Darusshalihin.\r\nPendekatan penelitian dengan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di\r\nMTs Nur Iman Mlangi dan MTs Ma`arif Darusshalihin. Subjek penelitian, yaitu: Waka\r\nKesiswaan, Guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung,\r\nobservasi, dan dokumentasi. Keabsahan data meliputi: kredibilitas, transferabilitas,\r\ndependabilitas, dan konfirmabilitas. Proses analisis data menggunakan tehnik reduksi\r\ndata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan; (1) manajemen penelusuran dan pengembangan\r\nminat dan bakat siswa di MTs Nur Iman Mlangi dan MTs Ma`arif Darusshalihin\r\ndilakukan melalui 4 proses yaitu (a) tahap perencanaan program pada awal tahun\r\npelajaran dengan penyusunan program kerja atau program madrasah dengan dukungan\r\nanggaran dari sekolah yang juga disusun di awal tahun pelajaran; (b) tahap\r\npengorganisasian dilakukan dengan mengorganisir bakat siswa melalui identifikasi\r\ntujuan, penyeleksian, serta mengorganisasikannya menggunakan instrumen kuesioner;\r\n(c) tahap pelaksanaan pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan\r\nektrakurikuler dan intrakurikuler serta pemberian materi yang dilakukan dengan\r\nmempertimbangkan IQ dan potensi yang dimiliki siswa; (d) tahap evaluasi pelaksanaan\r\nkegiatan pengembangan bakat dan minat siswa yang dilakukan saat berlangsungnya\r\nkegiatan melalui pengamatan langsung. (2) Faktor pendukung adalah adanya pembina\r\ndan penanggungjawab, pelatih yang berkompeten, adanya kebersamaan dari seluruh\r\nelemen yang terkait, motivasi guru, input peserta didik dalam jumlah banyak dan\r\ndukungan dari wali murid. Adapun faktor Penghambat yaitu belum adanya buku\r\npanduan, sarana dan prasarana dan fasilitas yang belum memadai, serta kurang\r\ndisiplinnya siswa dalam mengikuti kegiatan. (3) Dalam mengatasi permasalahan yang\r\nterjadi dalam pelaksanaan manajemen penelusuran dan pengembangan minat dan bakat\r\nsiswa di MTs Nur Iman Mlangi dan MTs Ma’arif Darusshalihin adalah dengan; (a)\r\nmeningkatkan fasilitas dan alokasi sumber daya, baik secara internal maupun dengan\r\ndukungan dari pihak luar; (b) memperluas cakupan program ekstrakurikuler dan\r\nmemberikan lebih banyak pilihan kegiatan; (c) komunikasi dan Kolaborasi dengan\r\nstakeholder (yayasan, orang tua murid, dan komunitas lokal) untuk mendukung\r\npengembangan program yang lebih inklusif."^^ . "2024" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Ahmad"^^ . "Faozi"^^ . "Ahmad Faozi"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "MANAJEMEN PENELUSURAN DAN PENGEMBANGAN MINAT\r\nDAN BAKAT SISWA DI MTs NUR IMAN MLANGI GAMPING\r\nSLEMAN DAN MTS MA’ARIF DARUSSHALIHIN SLEMAN (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88768 \n\nMANAJEMEN PENELUSURAN DAN PENGEMBANGAN MINAT \nDAN BAKAT SISWA DI MTs NUR IMAN MLANGI GAMPING \nSLEMAN DAN MTS MA’ARIF DARUSSHALIHIN SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .