eprintid: 88767 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/08/87/67 datestamp: 2025-12-08 05:19:36 lastmod: 2025-12-08 06:38:11 status_changed: 2025-12-08 05:19:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rachmah, Aulia corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH PENGGERAK SEKOLAH DASAR DI SDN MEKARWANGI 1 DAN SDS PLUS PELITA INSANI ispublished: pub subjects: D10 divisions: fip_ap full_text_status: restricted keywords: Sekolah Penggerak, Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka abstract: Penelitian ini bertujuan (1.) Mendeskripsikan manajemen kurikulum di Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani, (2) Menganalisis permasalahan pelaksanaan Kurikulum Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan mulai bulan Februari hingga April 2023 di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani Informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, guru, dan staf dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis data interaktif, yakni kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen kurikulum pada Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani sudah berjalan dengan baik meliputi tahapan sebagai berikut, Perencanaan kurikulum yang diawali dengan penyusunan KOSP, Penyusunan perencana pembelajaran berupa perangkat pembelajaran dan perencanaan assessment siswa. Sedangkan Pelaksanaan kurikulum pada Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Pelita Insani sudah berjalan kondusif namun diperlukan adanya pengembangan materi yang lebih disesuaikan dengan konteks esensi dari kurikulum yang digunakan di sekolah penggerak. Evaluasi kurikulum pada Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Pelita Insani. Evaluasi yang dilaksanakan berupa evaluasi harian, evaluasi per unit belajar, evaluasi per semester dan evaluasi pertahun. (2) Analisis permasalahan pelaksanaan Kurikulum Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani meliputi, Pemahaman dan pengetahuan guru yang masih terbatas terhadap kurikulum merdeka, Gagap dalam penggunaan IT, Tidak Memiliki Pengalaman Kemerdekaan Belajar, Keterbatasan Referensi Pembelajaran, Kurangnya Media Pendukung Dalam Pembelajaran Pendidikan. date: 2024 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis citation: Rachmah, Aulia (2024) MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH PENGGERAK SEKOLAH DASAR DI SDN MEKARWANGI 1 DAN SDS PLUS PELITA INSANI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88767/1/aulia%20rachmah_20703251019.pdf