%K manajemen strategis, implementasi kurikulum, pendidikan inklusi, rencana strategis, tindakan strategis, evaluasi strategis %L UNY88766 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T MANAJEMEN STRATEGIS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI (STUDI MULTISITE DI SMK NEGERI 6 DAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA) %A RETNA ELSHIE SUSILO WATI %D 2023 %X Menuju satu abad Indonesia merdeka pada tahun 2045, pemerintah sedang melakukan berbagai terobosan di bidang pendidikan yang diharapkan mampu mengangkat harkat dan martabat pendidikan Indonesia di mata dunia. Salah satunya adalah menggalakkan pendidikan untuk semua atau pendidikan inklusi di semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, sampai jenjang universitas. Tidak ada alasan penolakan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk bisa menikmati pendidikan di sekolah reguler pada umumnya. Untuk itu, diperlukan upaya manajemen strategis dalam mewujudkan implementasi kurikulum pendidikan inklusi di seluruh sekolah di Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses perumusan rencana strategis, tindakan strategis, dan evaluasi strategis dalam implementasi kurikulum di SMK Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Yogyakarta yakni SMK Negeri 6 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi multisite. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisis melalui proses display data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dilakukan proses penyusunan rencana strategis dalam implementasi kurikulum inklusi secara duplikasi; 2) dilakukan tindakan atau penerapan strategis dalam implementasi kurikulum inklusi; dan 3) dilakukan evaluasi strategis dalam implementasi kurikulum inklusi.