%0 Thesis %9 S2 %A WIJAYA, NOVIKARISMA %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Manajemen Pendidikan %D 2023 %F UNY:88764 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K kepemimpinan kepala sekolah, budaya inklusif, sekolah dasar %T KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN KLATEN %U http://eprints.uny.ac.id/88764/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan budaya inklusif sekolah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini antara lain contoh tindakan kepemimpinan yang menonjol dalam menciptakan budaya inklusi. Pemimpin di SD Negeri 2 Semangkak mampu menangani peristiwa krisis dengan memperkuat kolaborasi dan melakukan inovasi. Kepala sekolah di SD Negeri Prawatan berperan sebagai panutan yang konsisten dalam membangun iklim sekolah yang kekeluargaan. Sedangkan kepala sekolah di SD Alam Harapan Kita menciptakan budaya inklusif dengan pemilihan staf, orientasi, dan pengembangan staf untuk penguasaan tugas. Sekolah diharapkan dapat berkolaborasi untuk saling mendukung dalam sebagai komunitas inklusif yang terbuka dan saling mengembangkan.