@phdthesis{UNY8874, month = {August}, title = {PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N SE-KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN}, author = {DEWI YASHINTA PUSPA }, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, url = {http://eprints.uny.ac.id/8874/}, keywords = {Pemanfaatan teknologi komputer, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi komputer dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N se-Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini juga untuk mengetahui hambatan dan upaya yang ditemukan oleh guru dalam pemanfaatan teknologi komputer dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N se-Kecamatan Buayan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Waktu penelitian yaitu bulan Mei sampai Juni 2012. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Kriteria penentuan subjeknya adalah orang yang mengajarkan Pendidikan Kewarganegaraan yang ada di sekolah. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N se-Kecamatan Buayan yaitu berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara cross check. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data induktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka terdapat pemanfaatan, hambatan maupun upaya guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N se-Kecamatan Buayan yaitu sebagai berikut: Pemanfaatan komputer di SMP N 1 dan 2 Buayan sudah di manfaatkan oleh guru, tetapi pemanfaatan teknologi komputer belum digunakan semaksimal mungkin. Hambatan yang dihadapi guru yaitu, ruang media yang terbatas;guru Pendidikan Kewarganegaraan masih kurang terampil dalam mengoperasikan komputer; kurangnya alat yang tersedia untuk pembelajaran Pkn; Keterbatasan biaya. Upayaupaya yang dilakukan guru yaitu sebagai berikut; guru melakukan penjadwalan pemakaian ruang media; guru menggunakan media lain;siswa diminta melihat berita di televisi yang berkaitan dengan Pkn; guru menggunakan metode permainan di dalam kelas; guru membua media sendiri. Kata kunci: Pemanfaatan teknologi komputer, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.} }